Berita / Utama

Kaprodi Teknik Informatika Raih Juara II Kaprodi Berprestasi Nasional

Mega Liani Putri - Minggu, 23 November 2014, 19:55:31
BANDUNG, itb.ac.id - Dr. Eng. Ayu Purwarianti selaku Kaprodi Teknik Informatika pada Rabu (29/10/11) meraih penghargaan sebagai juara II Kaprodi Berprestasi Nasional yang diserahkan oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Prestasi yang diraih oleh Dr. Ayu adalah buah dari hasil kerja kerasnya selama menjalani masa bakti yang telah memasuki periode kedua. Dr. Ayu telah menjabat sebagai Kaprodi Teknik Informatika sejak tahun 2012. Prestasi gemilang pun telah dicapainya pada tahun ini, Dr. Ayu berhasil mengantarkan Teknik Informatika sebagai program studi yang terakreditasi secara internasional oleh ABET.

Mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) ini mengajukan sebuah makalah yang berjudul "Perbaikan Berkelanjutan Menuju Program Studi dengan Kualitas Internasional". Makalah tersebut selanjutnya dipresentasikan di pemilihan Kaprodi Berprestasi Nasional. Perbaikan berkelanjutan adalah hal yang ditekankan oleh Dr. Ayu dan telah diaplikasikan oleh Teknik Informatika. Perbaikan ini terus digiatkan seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia internasional terhadap lulusan perguruan tinggi. Perbaikan yang telah dan tengah dilakukan adalah: 1) Pencapaian student outcome baik hardskill maupun softskill, 2) Kualitas pelaksanaan Kuliah Praktik dan Tugas Akhir, 3) Fasilitas, dan 4) Kerja sama dengan stakeholders.

Dr. Ayu sangat menyadari bahwa tantangan lulusan Teknik Informatika ke depannya akan dihadapkan kepada tantangan yang begitu besar, yaitu AEC 2015. Persaingan akan menjadi amat ketat, tidak hanya di level nasional, namun persaingan di negeri sendiri akan menjadi level internasional. Solusi pun telah dirumuskan oleh Dr. Ayu, yaitu mengajukan akreditasi internasional. Akreditasi internasional dapat didapatkan dari lembaga resmi yang mendapatkan wewenang dari pemerintah terkait. Teknik Informatika sendiri telah mendapatkan akreditasi resmi dari ABET, sebuah lembaga nirlaba dari Amerika Serikat. Diakui oleh Dr. Ayu, kendala di Indonesia adalah belum ada lembaga semacam itu di dalam negeri. Namun, setiap program studi dapat terus melaksanakan aktivitas yang sesuai dengan standar internasional walaupun belum bisa mengurus registrasi akreditasi secara resmi. Salah satu prinsip yang penting dalam kancah internasional adalah perbaikan keberlanjutan seperti yang Dr. Ayu jabarkan di makalahnya.

Perbaikan berkelanjutan yang didesain oleh Dr. Ayu dan dosen terkait terdiri dari tiga alur penting. Pertama, pembentukan tim yang akan merumuskan dan mengontrol keberjalanan perbaikan. Kedua, penerapan prosedur yang sesuai kebutuhan. Ketiga, implementasi perbaikan secara konsisten. Konsistensi memang teramat penting demi keberlanjutan yang menjadi poin utama.

Selain poin-poin di atas, Dr. Ayu menaruh perhatian terhadap peran mahasiswa di dalam masyarakat. Dr. Ayu menyokong kegiatan kemahasiswaan, akademik maupun non-akademik, agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Dalam salah satu mata kuliah di prodi Teknik Informatika yakni Proyek Perangkat Lunak, mahasiswa dibagi atas beberapa tim dan merancang program-program yang aplikatif. Kini, mahasiswa Teknik Informatika telah berhasil merancang berbagai program untuk mendukung pemerintah kota Bandung. Program-program tersebut membantu pemerintah dalam menangani permasalahan human resource, aset, taman kota, dan FAQ.

 

Sumber foto: if.itb.ac.id