Berita / Utama

ITB – Kementerian BUMN Selenggarakan Kuliah Umum dalam Rangka Peringatan Sumpah Pemuda

Fatimah Larassaty Putri Pratam - Sabtu, 28 Oktober 2017, 22:12:27 - Diperbaharui : Jumat, 17 - November - 2017, 01:46:50

BANDUNG, itb.ac.id – Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada Sabtu (28/10/17), ITB bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia menyelenggarakan Studium Generale bertajuk “BUMN Membangun Ekonomi Berkeadilan”. Bertempat di Gedung CRCS Lantai 3, acara kuliah umum yang dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Ir. Kadarsah Suryadi ini sebenarnya juga merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir di Kampus yang serentak dilaksanakan di 28 perguruan tinggi di Indonesia. 

Hal yang spesial dari kuliah umum kali adalah turut hadirnya CEO BUMN dan pejabat eselon I Kementerian BUMN RI sebagai narasumber selama kurang lebih tiga jam acara berlangsung. Khusus untuk ITB, tiga narasumber utama yang mengisi rangkaian kuliah umum ini adalah Dwina Septiani Wijaya selaku Staf Khusus Menteri BUMN sebagai perwakilan dari Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT Wijaya Karya (WIKA) Bintang Perbowo, dan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi Gunadi Sadikin.


Kiprah dan Peran Generasi Penerus di BUMN

Lebih dari 72 tahun merdeka, Indonesia sebagai bangsa masih memiliki banyak tantangan dan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan dibenahi, mulai dari masalah kesenjangan, ketahanan energi, pembangunan infrastruktur, akses layanan dan keuangan, serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “SDM sangat penting; Human Development Index (HDI) Indonesia memang masih relatif rendah namun kita tidak boleh berkecil hati karena kita punya potensi,” komentar Dwina optimis.

Generasi muda penerus Indonesia, yang akan dicetak untuk menjadi pemimpin bangsa, sepatutnya tahu dan sadar permasalahan apa yang dihadapi oleh Indonesia. Inovasi adalah kunci bagi generasi milenial saat ini untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin, didukung dengan mental socio-entrepreneurship sebagai modal tambahan. Sebagai bagian penting dari generasi bangsa, mahasiswa diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik, adil, makmur, dan sejahtera.

Adanya kuliah umum ini diharapkan dapat menjembatani peran perguruan tinggi dan BUMN agar tercipta sinergi karena perguruan tinggi berperan sebagai institusi pencetak SDM yang cakap untuk mengisi posisi strategis di BUMN. Hal ini perlu digarisbawahi mengingat BUMN adalah motor di sektor-sektor vital ekonomi dan pembangunan Indonesia sehingga kiprah dan inovasi mahasiswa sebagai generasi penerus akan membuat BUMN lebih kuat dan kokoh berdiri sebagai badan yang memberikan manfaat untuk kemajuan Indonesia dengan mengedepankan pemerataan kesempatan untuk kesejahteraan rakyat.