Berita / Akademik

EAGE Student Lecture Tour Asia Pacific 2012

Muhammad Hanif - Jumat, 4 Mei 2012, 17:12:15

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka melaksanakan agenda tahunannya, EAGE (European Association of Geoscientists and Engineers) menyelenggarakan kuliah tamu di ITB pada Rabu (02/05/12). Acara yang bertajuk "Seismic Imaging Fundamentals with Asia Pacific Case Studies" ini berlangsung di Ruang Hilmi Panigoro, Program Studi Teknik Geologi. ITB mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pertama di Asia Pasifik yang menyelenggarakan kuliah tamu tersebut.

EAGE merupakan organisasi lintas ilmu kebumian yang beranggotakan akademisi, profesional, dan pelajar dari seluruh dunia. Kuliah tamu yang dihelat oleh EAGE Student Chapter (SC) ITB ini diberikan oleh Dr. Deva Ghosh, profesor dari Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia sebagai representasi EAGE. Dalam program tersebut dijelaskan mengenai keterkaitan antara bidang keilmuan teknik geofisika dan geologi dalam mengeksplorasi minyak bumi dan gas.

Dalam pemaparannya Deva Ghosh mengungkapkan bahwa untuk menggambarkan struktur geologi bawah permukaan, metode yang sempurna untuk menggambarkannya adalah metode seismik. "Bagus tidaknya gambaran seismik ditentukan oleh proses imaging yang dilakukan," ujar Ghosh. "Seismic image yaitu geologi bawah permukaan, jadi geologi dan geofisika tidak bisa dipisahkan untuk melakukan eksplorasi bawah permukaan," tambah Ghosh.

Agenda yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi ini berhasil menarik antusiasme peserta. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya peserta yang bertanya dan memberikan tanggapan. "Dr. Ghosh menjelaskan materi dengan cara yang menarik karena beliau menggunakan contoh kejadian sehari-hari yang bisa dihubungkan dengan seismik," ujar Tania Meidiana (Teknik Geofisika 2009).

Sekilas EAGE SC ITB

EAGE SC ITB merupakan organisasi mahasiswa EAGE di ITB. Student Chapter EAGE pertama di Asia Tenggara ini diketuai oleh Amran Dewangga (Teknik Geologi 2009). "EAGE akan terus berusaha menyandingkan antara geofisika dan geologi agar keilmuan yang dimiliki mahasiswa di bidang ini menjadi komprehensif," ungkap Harya Dwi Nugraha (Teknik Geofisika 2009), Vice President EAGE SC ITB.

Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut akan dilaksanakan berbagai program seperti workshop, field trip, dan kuliah tamu. Program-program tersebut terbuka untuk mahasiswa ITB yang tertarik pada bidang geosains.