FITB ITB Sambut Mahasiswa Baru Program Sarjana 2023 Lewat PMB Fakultas

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyambut Mahasiswa Baru Program Sarjana 2023, di Selasar GKU lantai 1, ITB Kampus Jatinangor, Senin (14/08/2023).

BANDUNG, itb.ac.id – Memasuki rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2023, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyambut Mahasiswa Baru Program Sarjana 2023, di Selasar GKU lantai 1, ITB Kampus Jatinangor, Senin (14/08/2023).

Penyambutan diawali dengan sesi pengenalan program studi, dosen wali, dan peraturan akademik. Acara ini dihadiri Ketua Program Studi Sarjana, Koordinator Fakultas, Dekanat, dan Perwakilan Himpunan Mahasiswa FITB.

Dekan FITB, Prof. Dr. Irwan Meilano, S.T, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa baru akan melewati tiga proses penting di FITB. Mula dari proses awal dengan keseruan di tahun pertama, masa berkembang di program studi masing-masing, lalu menjadi bagian dari sejarah kebanggaan ITB. Beliau optimistis mahasiswa akan melewati semua proses tersebut dan berpesan untuk memanfaatkan waktu dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari masing-masing ketua program studi (kaprodi). Diawali dari Program Studi Sarjana Teknik Geologi, Dr. Eng. Ir. Asep Saepuloh, S.T, M.Eng. Beliau mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru atas pencapaian mereka dalam Tahap Persiapan Bersama (TPB) yang merupakan tahap adaptasi penting.

“Kami berharap di masa adaptasi ini gunakan sebaik mungkin untuk bisa belajar, termasuk memahami situasi dan kondisi sehingga target masuk ke prodi yang diharapkan itu bisa tercapai,” ujarnya.

Sambutan kedua disampaikan Kaprodi Sarjana Oseanografi, Dr. Ayi Tarya, S.Si., M.Si., yang mengingatkan mahasiswa baru bahwa masuk ke ITB adalah suatu kebanggaan. Hal tersebut harus diiringi dengan rasa syukur dan semangat belajar yang tinggi. Beliau pun mendorong mahasiswa baru untuk mendapatkan nilai yang baik dan memilih program studia sesuai minat.

Sambutan ketiga disampaikan Kaprodi Sarjana Meteorologi, Dr. Muhammad Rais Abdillah, S.Si., M.Sc., yang menyampaikan bahwa tantangan akan ada saat berkuliah di ITB. Namun, mahasiswa diingatkan tetap semangat dan menggunakan waktu luang untuk menjelajahi program studi yang diminati. Kunjungan ke prodi-prodi tersebut dapat membantu mereka memahami lebih lanjut bidang yang diminati.

Setelahnya, Kaprodi Sarjana Teknik Geodesi dan Geomatika, Dr. rer. nat. Wiwin Windupranata, S.T, M.Si., mengungkapkan harapannya agar mahasiswa fokus mendapatkan nilai yang baik tanpa terlalu terikat pada pemilihan program studi.

Beliau menegaskan, semua program studi di ITB memiliki kualitas yang baik. Dr. Wiwin pun mendorong mahasiswa percaya pada diri sendiri dan bersinergi demi kesuksesan bersama di masa depan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan para pimpinan fakultas, lalu sambutan dari himpunan mahasiswa di FITB. Kegiatan diakhiri dengan sesi diskusi.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download