Duta Besar Ethiopia Kunjungi ITB: Langkah Menuju Penguatan Kerja Sama

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia, Prof. Fekadu Beyene Aleka Ph.D., melakukan kunjungan ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (19/4/2024).

Kunjungan beliau diterima dengan hangat di Ruang Eksekutif Gedung Rektorat ITB oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Sekretaris Institut, Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaja Martokusumo, dan Kepala Biro Kemitraan ITB, Prof. Dr. Taufiq Hidayat.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjalin kerja sama perguruan tinggi antar negara serta peningkatan kualitas perguruan tinggi. Kerja sama universitas rencananya akan dikhususkan pada sektor penambangan sumber daya dan energi, mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia terbesar saat ini ditopang oleh sektor pertambangan.

Prof. Fekadu Beyene menyebutkan, perguruan tinggi yang berpotensi untuk menjalin kerja sama yaitu Hawassa University.

Sementara itu, Prof. Widjaja berharap, kunjungan resmi yang dilakukan dapat membuahkan kerja sama baru antara kedua belah pihak. Diskusi lebih lanjut pun direncanakan untuk dilakukan secara daring.

Prof. Fekadu Beyene menuturkan bahwa tahun depan ada kemungkinan Perdana Menteri Ethiopia datang berkunjung ke Indonesia untuk melakukan kerja sama.

Reporter: Wildan Zaki (Manajemen, 2025)


scan for download