Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, ITB Gelar Wisuda Pertama TA 2023/2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Sidang Terbuka Wisuda Pertama ITB Tahun Akademik (TA) 2023/2024 untuk program sarjana, magister, dan doktor di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Sabtu (28/10/2023). Wisuda Oktober 2023 ini bertepatan pula dengan peringatan ke-95 Hari Sumpah Pemuda.

Wisuda Oktober 2023 digelar dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 08.00-10.30 WIB. Sementara itu, sesi kedua diadakan pada 13.30-16.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, ITB mewisuda total sebanyak 5.420 wisudawan, dengan perincian 3.581 untuk Program Sarjana, 1.722 untuk Program Magister, dan 117 untuk Program Doktor.

Sidang dibuka dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor ITB yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Beliau menyampaikan bahwa lulusan yang mendapat gelar cumlaude pada wisuda kali ini, yakni 1.514 orang dari program sarjana, 570 orang dari program magister, serta 40 orang untuk program doktor.

   

Adapun Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menyampaikan selamat kepada para wisudawan. "Dengan rasa bangga, saya ucapkan selamat kepada wisudawan sarjana, magister, dan doktor. Pada hari ini jangan lupa bahwa kita juga memperingati Hari Sumpah Pemuda," ucapnya.

Rektor pun memberikan pesan bahwa gelar sarjana yang dimiliki oleh para wisudawan tak hanya sebagai titel. Namun juga dapat konsisten diikuti oleh perilaku kesarjanaan.

"Para sarjana diharapkan dapat berperan bukan hanya sebagai agent of knowledge. Namun juga perlu mengembangkan kesarjanaan untuk membentuk integrasi dan konsistensi yang baik dalam perilaku kesarjanaan," tuturnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa lulusan ITB nantinya mengemban tugas untuk menyebarkan nilai-nilai Budaya Ilmiah Unggul yang ada di ITB, guna mencapai Generasi Emas Indonesia di tahun 2045.

"Kita semua mengemban peranan kunci dalam menyongsong Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Selanjutnya Rektor menyampaikan selamat secara khusus kepada wisudawan Sekolah/Fakultas secara bergantian dengan pengantar dari 12 Dekan Sekolah/Fakultas.

Reporter: Anggun Nindita


scan for download