ITB Kampus Jatinangor Jadi Lokasi Penyambutan Mahasiswa Baru TA 2023/2024

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id—Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Program Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi pada Tahun Akademik 2023/2024. Acara tersebut dilaksanakan di dua tempat yakni di ITB Kampus Jatinangor untuk program sarjana dan Gedung Sabuga ITB untuk program Pascasarjana dan Profesi, Senin (15/8/2023).

Kegiatan PMB kali ini dipusatkan di ITB Kampus Jatinangor. Hal tersebut dikarenakan pada tahun akademik 2023/2024, seluruh kegiatan Tahap Persiapan Bersama (TPB) mahasiswa baru akan dilaksanakan di ITB Kampus Jatinangor.

Kegiatan tersebut diawali dengan penyampaian laporan pelaksanaan PMB oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Beliau menyampaikan bahwa rangkaian PMB 2023 dimulai dari Januari hingga Juli 2023.

Berdasarkan laporan WRAM, sebanyak 5.699 mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2023/2024 diterima ITB. Jumlah tersebut terdiri atas 4.651 mahasiswa baru Program Sarjana, 974 mahasiswa Program Pascasarjana, dan 44 mahasiswa Program Profesi.

Pada tahun akademik 2023/2024, ITB menerima mahasiswa baru melalui 4 jalur seleksi. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) diselenggarakan secara nasional. Sementara itu jalur Seleksi Mandiri (SM), dan International Undergraduate Program dilakukan sendiri oleh ITB.

Kemudian, secara resmi, para calon mahasiswa dilantik sebagai mahasiswa ITB oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D. Pelantikan ini dilanjut dengan pembacaan janji mahasiswa ITB yang dipimpin oleh perwakilan setiap fakultas. Acara ini berlangsung dengan meriah dan hikmat.

Rektor menyampaikan rasa syukur dan apresiasi kepada mahasiswa baru ITB 2023. "Menjadi bagian dari ITB berarti ikut berperan aktif memajukan bangsa", ucapnya. Oleh karena itu, pendidikan tinggi di ITB dirancang untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan yang berkarakter. Prof. Reini berharap mahasiswa baru ITB Tahun 2023 mampu mencapai tingkat penguasaan pengetahuan yang semakin tinggi dan karakter yang bijaksana.

Upacara PMB ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan Penyambutan Mahasiswa Baru. Selanjutnya, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan seperti Psychological First Aid (PFA), Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM), dan Character Development Training (CDT).


scan for download