Persiapkan Karier Sejak Dini: Webinar ITB dan Smartfren Bagikan Cara Sukses Memasuki Dunia Kerja

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Penyampaian materi oleh Maha Dhika Ciputra, Talent Acquisition Head Smartfren.

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menghadapi ketatnya persaingan kerja sedini mungkin, Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Smartfren menyelenggarakan seri webinar “Navigate Your Career: How to Begin Your Career Roadmap”, Kamis (2/5/2024). Pembicara pada kegiatan ini adalah Talent Acquisition Head Smartfren, Maha Dhika Ciputra.

Webinar membahas bagaimana dan apa saja langkah-langkah yang harus dijalani dalam memulai karier setelah menyelesaikan masa perkuliahan.

Terdapat beberapa poin yang dijelaskan Dhika, di antaranya career development process, explore career and education, reflect strength and interest, develop skill and experience, serta connect with people and opportunities.

“Ketika sudah mendekati lulus, akan ada orang yang sudah jelas arah kariernya, tetapi ada juga mereka yang masih belum (masih bingung mau kerja ke mana), itu tidak apa-apa, jangan khawatir. Ekspektasi orang pasti sama jalannya lurus, tapi perjalanan karier pasti tidak linear, ada muter-muternya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menggali potensi diri melalui refleksi kekuatan dan ketertarikan. Dengan memahami potensi dan kekuatan diri, seseorang akan dengan mudah membuat pathway karier mereka sendiri,” ujarnya.

Di sisi lain, Smartfren memperkenalkan program “Star - Smartfren Acceleration Program” yang dirancang kepada mahasiswa program sarjana maupun pascasarjana untuk mengembangkan potensinya. Syaratnya, IPK minimal 3.00, cakap dalam kepemimpinan dan komunikasi, aktif dalam kegiatan organisasi, berkemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris yang baik, serta rela ditempatkan di lokasi manapun di seluruh Indonesia.

Reporter: Muhamad Ramdhani Husaini Fikri (Teknik Kimia, 2020)


scan for download