ITB dan BTN Kolaborasi Gelar Talent Scouting, Dukung Persiapan Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk menyelenggarakan program "BTN Talent Scouting", di Multipurpose Hall CRCS Lantai 3, 14-15 September 2023. Kegiatan yang diikuti lebih dari 200 peserta mahasiswa aktif maupun alumni ITB ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, khususnya di sektor perbankan.

Ketua Pelaksana BTN Talent Scouting, Danan Prima Nanda, mengatakan bahwa kegiatan ini membantu generasi muda agar tidak hanya kompeten dalam bidang akademik, tetapi juga mampu bersaing di dunia kerja. Hal tersebut sejalan dengan komitmen BTN mendukung pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas.

BTN Talent Scouting tidak membatasi pesertanya berdasarkan jurusan atau program studi tertentu. Peserta yang mendaftar dan mengikuti program berpeluang menjadi bagian dari keluarga BTN.

Selain tentang rekrutmen, kegiatan ini juga memberikan wawasan kepada peserta melalui sharing session. Hal tersebut memberikan pemahaman mengenai industri perbankan, peluang karier, dan persyaratan yang diperlukan untuk sukses di dunia perbankan.

Salah seorang peserta dari program studi Manajemen 2021, ITB, Palaguna Siahaan, mengaku antusias mengikuti program tersebut. Menurutnya, ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan diri dan mengenal lebih dalam dunia pekerjaan.

“Harapannya kegiatan-kegiatan serupa bisa terus diadakan sehingga mahasiswa aktif ataupun alumni ITB memiliki peluang kerja yang lebih luas bahkan di luar program studi yang digeluti, misal dalam dunia perbankan seperti kegiatan saat ini. Dengan adanya kegiatan seperti ini juga, membuka kesempatan mengikuti magang dan program Officer Development Program (ODP) untuk persiapan mahasiswa ITB dalam dunia kerja," ungkapnya.

Kegiatan tersebut merupakan langkah nyata ITB mendukung pengembangan karier mahasiswa dan memberikan kesempatan bagi mereka bergabung dengan sektor perbankan. Hal ini sejalan dengan komitmen ITB mencetak lulusan yang siap bersaing dan berkontribusi dalam berbagai sektor industri di Indonesia. Dengan kolaborasi ini, diharapkan akan tercipta generasi muda yang memiliki potensi dan kompetensi untuk meraih sukses dalam dunia kerja.

Reporter : Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Dokumentasi : ITB Career Center

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download