Belajar bersama Alumni soal Karier di Dunia Startup

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami

Foto: Freepik.com

BANDUNG, itb.ac.id—ITB Career Center bersama HappyFresh menyelenggarakan webinar “How Tech Start-up Became My Fulfilling Career Choice”. Acara yang berlangsung secara daring ini bertujuan untuk memberikan gambaran dunia kerja start-up (perusahaan rintisan) kepada mahasiswa. Oleh karena itu, mereka sengaja menghadirkan seorang alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pembicara. Dialah Viani Hafiza, Senior Product Manager HappyFresh.

Pada kesempatan ini, Viani berbagi perjalanan dan tip membangun karier di dunia kerja, khususnya di HappyFresh. Webinar pada Jumat (6/8/2021) tersebut, Viani kemudian memaparkan tiga prinsip utama dalam mencari karier yang tepat. “Prinsip pertama: tidak semua pekerjaan cocok dengan kita,” tuturnya. Dia menggambarkan hal tersebut dengan tanaman, seperti pohon kelapa yang hanya cocok di daerah pantai. Manusia pun sama seperti tanaman. Lingkungan pekerjaan yang cocok untuk setiap orang bisa berbeda dengan kakak tingkat bahkan sahabatnya.

Prinsip kedua, yaitu carilah pekerjaan yang tepat. Dalam mencari pekerjaan, dia menganalogikannya dengan sebuah tumbuhan. Tumbuhan yang tumbuh subur memerlukan pupuk, sinar matahari, serta air. Pupuk diibaratkan sebagai peluang kerja di masa depan, sinar matahari sebagai mentor, dan air sebagai tim dan budaya perusahaan.

Dia juga memaparkan lebih lengkap ketiga komponen tersebut. Komponen pertama pupuk. “Job dan opportunity yang dipilih harus menjanjikan di masa depan,” tutur Viani. Hal tersebut karena pekerjaan menjadi faktor penting dalam mengembangkan kemampuan serta pengalaman kerja.

Menurutnya, karier yang sangat menjanjikan di masa depan ada pada bidang teknologi. Dia memberikan bukti bahwa beberapa pekerjaan di bidang teknologi sekarang menjadi pekerjaan yang sering dicari oleh perusahaan. Salah satunya pada start-up.

Viani menjelaskan bidang pekerjaan yang berperan penting dalam perusahaan HappyFresh, seperti user experience researcher, user experience designer, software engineer, data analytics, dan product manager.

Viani menambahkan bahwa komponen sinar matahari, yaitu mentor dan kepemimpinan, sangat penting dalam membantu karier. Di tempat kerja, mentor memberikan arahan untuk pengembangan diri. Peran paling penting seorang mentor adalah memberikan apresiasi dan timbal balik.

Viani berpendapat bahwa komponen terakhir, yaitu air alias tim dan budaya perusahaan yang cocok, akan membuat semangat kerja meningkat. HappyFresh sendiri memiliki dinamika kerja yang nyaman. Seperti kebanyakan pekerjaan start-up lainnya, jam kerja di sana fleksibel, yang terpenting seluruh pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Sebagai penutup, Viani menegaskan sekali lagi bahwa dalam memilih karier yang tepat tidak ada patokan pasti. Bisa jadi ada poin penting yang belum sempat tersampaikan di webinar kali ini. Maka, dia menyarankan untuk memperbanyak berbagi dengan kakak tingkat serta mencari tahu karier yang cocok.

Reporter: Zahra Annisa Fitri (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download