Sosialisasi Kegiatan HCM ITB, Persiapkan Career Path Bagi Tendik

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - UPT Pengembangan Sumber Daya Manusia Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menyelenggarakan Sosialisasi Kegiatan Human Capital Management (HCM), pada Rabu (2/8/2023) di Aula Barat ITB.

Agenda HCM ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah Sosialisasi Kegiatan HCM ITB: Manajemen Karier Tendik yang dilaksanakan secara hibrida, yakni secara luring di Aula Barat serta daring melalui platform Zoom Meeting. Sementara itu sesi kedua, yakni Sosialisasi Kegiatan HCM ITB: Employee Opinion Survei (EOS), yang diadakan secara daring.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya ITB, Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm., menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk upaya fondasi sumber daya manusia yang ada di ITB. Salah satunya untuk semakin menggodok career path bagi para tenaga kependidikan atau tendik.

Terlebih, kehadiran tendik merupakan salah satu komponen penting penunjang berjalannya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Manajemen karier untuk tendik penting untuk disampaikan. Termasuk kompetensi apa saja yang dibutuhkan. Semoga di masa depan, para tendik juga tetap dapat berkaitan dengan karier yang telah dipilihnya ini," ujarnya.

Dalam sesi pertama, menghadirkan narasumber perwakilan dari Fakultas Teknologi Industri ITB, Dr. Made Andriani, S.T., M.T., yang memaparkan materi mengenai manajemen karier bagi tendik.


Pada kesempatan ini, beliau membantu merumuskan soal sistem manajemen karier atau guidance principle.

Selain itu, Dr. Made Andriani juga menjelaskan mengenai tahap pengembangan karier fungsional tendik. Mulai dari identifikasi rumpun jabatan, identifikasi jenis jabatan, perumusan kriteria penempatan, perumusan kebijakan karier, perhitungan nilai jabatan, hingga asesmen penempatan pegawai.

Beliau juga mengingatkan pentingnya kompetensi untuk manajemen karier bagi para tendik ini. "Banyak aktivitas di unit kerja yang belum berjalan dengan lancar. Maka dari itu, penting peningkatan kompetensi dari para tendik," ujarnya.

Harapannya dengan adanya acara ini dapat semakin mempersiapkan tenaga kependidikan guna berprogres secara baik dan adaptif untuk future orientation kariernya ke depan.


scan for download