ITB Career Center: Jembatani Dunia Kerja, Mahasiswa, dan Alumni Untuk Membangun dan Mengembangkan Profesionalisme Lulusan ITB

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Didedikasikan untuk membangun dan mengembangkan profesionalisme lulusan ITB, ITB Career Center yang sudah beberapa kali sebelumnya berganti-ganti nama sebenarnya sudah berdiri sejak sekitar tahun 1999. ITB Career Center berada di bawah Lembaga Kemahasiswaan ITB Bidang Pengembangan Karakter dan Profesi. ITB Career Center pada tahun ini berada di bawah pimpinan Dr. Eng, Bambang Setia Budi, ST, MT yang merupakan Sekretaris Bidang Pengembangan Karakter dan Profesi di Lembaga Kemahasiswaan ITB.

Latar belakang ITB Career Center ini didirikan adalah ingin menyempurnakan ITB sebagai pendidikan tinggi yang dapat berperan sebagai jembatan yang mampu mengembangkan kebebasan intelektual, kemampuan inovasi dan kreativitas, sekaligus karakter yang baik. Harapannya agar ITB dapat menghasilkan lulusan berkaliber, sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat.

Program-program yang dikembangkan oleh ITB Career Center ini sebagian besar adalah menyediakan ruang interaksi yang berkelanjutan dengan dunia kerja yang profesional. Mahasiswa diberi kesempatan untuk melihat masa depannya lebih dini, sehingga dapat melakukan persiapan yang lebih baik untuk menyongsong masa depan.

Menciptakan Ruang Interaksi Antara Penyedia Kerja dan Pencari Kerja

ITB Career Center memposisikan pihak penyedia kerja (industri swasta ataupun pemerintah) sebagai mitra pendidik bagi ITB dalam hal membina profesionalisme mahasiswa baik dalam bidang yang spesifikasi (melalui pelatihan teknis) maupun generik (melalui pelatihan softskill).

Untuk itu ITB Career Center merencanakan kegiatan yang bernama Titian Karir yang direncanakan berlangsung selama dua kali dalam setahun, yaitu pada April dan Oktober. Pada April 2011 lalu, sudah terlaksana dengan nama "Integrated Career Day" yang merupakan acara gabungan dari pameran, presentasi, dan rekruitmen yang berlangsung selama 3 hari.

Ruang interaksi yang lain selain titian karir ialah website http://karir.itb.ac.id yang menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Perusahan-perusahaan yang ingin mencari pekerja dapat dengan mudahnya  memberikan informasi hanya dengan log in ke website tersebut. Animo yang baik baik dari perusahaan maupun pencari kerja dapat diperlihatkan dari arus yang tinggi pada website ini. Pada Februari 2011 lalu, ada 20 perusahaan yang membuka lowongan dengan 45 posisi yang ditawarkan dengan job seeker atau pencari kerja sejumlah 1055 mahasiswa atau alumni.

Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Seminar dan Pelatihan

ITB Career Center juga memfasilitasi pengembangan jiwa kewirausahaan melalui berbagai program dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah yang tinggi bagi alumni. Program-program tersebut antara lain "Saturday Lesson" dan "Success Interview".

Acara tersebut berupa seminar dan pelatihan gratis dan tertutup, hanya khusus bagi alumni atau mahasiswa ITB. Peserta yang datang setiap kali diadakan seminar atau pelatihan dapat mencapai 150 peserta. Seminar dan pelatihan yang diadakan pun temanya beragam, mulai dari strategi mencari kerja, strategi lolos interview kerja, strategi membuat CV, dan masih banyak lagi.

Mempermudah Mendapatkan Status Akreditasi

Akreditasi internasional bagi ITB di era globalisasi ini merupakan suatu keharusan, untuk mencapai peringkat yang baik, ITB Career Center telah mengatisipasi pentingnya data karir alumni yang dapat dipercaya. Program ini bernama "Tracer Study".

Dengan metode yang baru diterapkan, data tersebut mencakup kemajuan karir alumni dari lamanya mencari kerjaan, gaji pertama,  kesesuaian pekerjaan terhadap program studi, kepuasan perusahaan terhadap lulusan ITB, dan sampai pada posisi yang terakhir.


scan for download