ITB Integrated Career Days 2023 Hadirkan 29 Perusahaan Nasional dan Multinasional

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id–Institut Teknologi Bandung (ITB) dikenal menghasilkan sumber daya lulusan yang berdaya saing tinggi. Lulusan ITB tersebar di dunia industri baik skala nasional maupun internasional.

Melalui lembaga ITB Career Center menjadikan lulusan ITB memiliki citra positif di perusahaan. Berkat prestasi inilah, ITB Career Center menjadi pusat pencari kerja bagi para mahasiswa dan alumni ITB. Salah satunya melalui acara ITB Integrated Career Days yang kembali aktif di tahun 2023.

ITB Integrated Career Days 2023 kembali diselenggarakan di seri keduanya setelah sukses digelar pada November 2022. Acara ini diselenggarakan secara hybrid yang dapat dikunjungi secara langsung di Gedung Sabuga ITB dan daring melalui lama virtualfair.itb.ac.id. Berlangsung selama dua hari yakni 28-29 Juli 2023, ITB Integrated Career Days melibatkan lebih dari 29 perusahaan untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Kegiatan ITB Integrated Career Days 2023 bertujuan menjembatani profesional dengan pencari kerja yang didominasi oleh alumni muda. Menurut Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa, Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn,, M.Des., Ph.D., acara ini dapat memberi arahan karier yang jelas bagi para pencari kerja sehingga setidaknya mereka memiliki gambaran ingin membawa arah hidup ke arah mana.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan Mahasiswa di Ditmawa ITB, Hafiz Aziz Ahmad, Ph.D.

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan di antaranya pameran bursa karier, seminar perusahaan yang terdiri dari 4 stage, proses rekrutmen dan wawancara kerja, konseling karier, pameran kewirausahaan (PMW ITB 2023) yang diikuti oleh mahasiswa ITB yang memiliki startup di bidang teknologi dan non-teknologi. Penyelenggaraan acara juga melibatkan lebih dari 100 panitia mahasiswa ITB dan Unit Kegiatan Mahasiswa ITB (UKM ITB).

Aziz juga menambahkan bahwa di tahun 2023, lebih dari 29 perusahaan berpartisipasi dan mendukung acara yang digolongkan menjadi 3 kategori. Pertama, kategori Gold diikuti oleh PT Gotion Indonesia Materials, PT Equnix Business Solutions, Metallurgical Corporation of China, dan Bank Danamon. Kedua, kategori silver diantaranya Hand Solutions Indonesia, Huawei Tech Investment, Paragon Corp, dan Pertamina Hulu Energi. Ketiga, kategori Bronze meliputi DMG Mori, PT Merdeka Copper Gold Tbk, Bank Mandiri, PT QMB New Materials, Duniatex Group, PT Surya Semesta Internusa Tbk, Toppan Ecquaria, April Group, Bank BTPN, Asia to Japan, MPM Group, Bank OCBC NISP, Connect Job, Bangunindo Teknusa Jaya, Bluescope, Pertamina Gas Negara, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, Polygon Group, PT Shaangu Power Indonesia, Bank BRI, dan UOB.

ITB Integrated Career Days 2023 juga diikuti oleh 19 peserta pameran kewirausahaan Program Mahasiswa Wirausaha ITB (PMW ITB) Batch 1 Tahun 2023. PMW ITB 2023 menghadirkan startup hasil karya mahasiswa ITB diantaranya Ber.be.da.,Ciseatto, Goya, Vertical Harvest, Tutor.in, Selasar Kampus, I-NewBee, 4PACT, Mengasihi, Teman Survei, Comvee, HiPR Labs, WeDo (Well Educated), Kombuchart, Dari Kopi, Drykeun, Our Wind, Fulola, dan DOLPI.

Acara dibuka langsung oleh Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB Dr. G. Prasetyo Adhitama, S,Sn., M.Sn. Prasetyo juga turut mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi besar atas terselenggaranya kegiatan ITB Integrated Career Days 2023. Menurutnya, kegiatan ini dapat membuat hubungan ITB dengan partner strategis baik lembaga swasta dan pemerintah semakin bersinergi.

Direktur Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn.

“ITB sangat mendukung program yang saling support dan mengintegrasikan antara pihak kampus dengan luar kampus,” ungkap Prasetyo.

Kegiatan juga mendapat dukungan penuh dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat Ir. Rahmat Taufik Garsadi. Beliau mengungkapkan apresiasinya karena ITB turut membantu pemerintah Jawa Barat untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat khususnya. Sampai saat ini masih terdapat 2.1 juta penduduk yang belum bisa bekerja. Pengangguran terbuka mencapai 45% dan 7,89% dari jumlah penduduk Indonesia.

“Jawa Barat menjadi provinsi dengan angka pengangguran terbesar di Indonesia,” ungkapnya.

Pengunjung memadati salah satu stand perusahaan dalam acara ITB Integrated Day 2023

Dalam dunia industri, hal yang menjadi masalah saat ini bukan hanya dirasakan para pencari kerja, tetapi pemberi kerja juga mengalami kesulitan mencari talenta. Sehingga kegiatan ITB Integrated Career Days harapannya saling memberikan timbal balik.

Reporter: Pravito Septadenova Dwi Ananta
Foto: Anne Rufaidah (Direktorat Kemahasiswaan ITB)


scan for download