PMB SITH-S ITB 2024: Mengenal Lebih Dekat Jurusan Biologi dan Mikrobiologi

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Peserta dan panitia PMB SITH-S 2024 berfoto bersama di Parkiran Labtek 1A, ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/3/2024). (Dok. Panitia PMB SITH-S 2024)

BANDUNG, itb.ac.id — Mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Program Sains (SITH-S) 2022 “CROSSEVIER” mengadakan Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) untuk mahasiswa SITH-S angkatan 2023 pada Sabtu (16/3/2024) di GKU, ITB Kampus Jatinangor.

PMB ini terdiri atas beberapa mata acara utama, di antaranya sesi Mentoring, Talkshow Sharing alumni, dan juga Talkshow dari Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi HIMABIO “NYMPHAEA” dan Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi HIMAMIKRO “ARCHAEA” ITB.

Acara ini merupakan kegiatan tahunan dari mahasiswa SITH-S tahun kedua untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tentang berbagai jurusan yang ada beserta prospek kerjanya.

Peserta PMB SITH-S 2024 melakukan sesi mentoring bersama para mentor di Ruangan 9680A dan B lantai 5 GKU 1, ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/3/2024). (Dok. Panitia PMB SITH-S 2024)

Pada sesi mentoring, disampaikan dua materi, yakni akademik perkuliahan di kedua jurusan dan materi visi-misi hidup. Masing-masing peserta dikelompokkan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10 peserta dan dua mentor dari jurusan biologi dan mikrobiologi yang menjelaskan tentang mata kuliah yang didapatkan di jurusan tersebut dan berbagi pengalaman selama kuliah maupun praktikum. Setelah itu, sesi mentoring visi dan misi menerangkan pentingnya visi misi selama beberapa tahun ke depan, disesuaikan dengan jurusan yang dipilih. Peserta diminta mengisi worksheet ikigai dan focus individual development plan dan action steps, agar lebih tergambar tentang cita-cita, visi-misi, dan tujuan hidupnya.

Sesi talkshow alumni di Ruangan 9680A dan B lantai 5 GKU 1, ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/3/2024). (Dok. Panitia PMB SITH-S 2024)

Pada sesi talkshow bersama alumni, hadir dua pembicara, Agung Rohmat Rizkita, S.Si., alumnus Biologi 2014 dan Novia Syari Intan, S.Si., M.Si., alumnus Mikrobiologi 2015. Agung merupakan Field Biologist di PT Rentokil Initial Indonesia, sedangkan Novia merupakan junior scientist di Nusantics. Agung dan Novia sangat aktif dan berprestasi baik selama masa kuliah maupun di dunia kerja. Keduanya memberikan gambaran tentang kehidupan dalam dunia pekerjaan dan bagaimana prospek kerja dari masing-masing jurusan.

Sesi talkshow ketua himpunan HIMABIO “NYMPHAEA” dan HIMAMIKRO “ARCHAEA” di Ruangan 9680 A dan B lantai 5 GKU 1 ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/3/2024). (Dok. Panitia PMB SITH-S 2024)

Acara dilanjutkan dengan sesi talkshow bersama Ketua Himpunan HIMABIO NYMPHAEA, Muhammad Arya Samiaji, dan Ketua Himpunan HIMAMIKRO ARCHAEA, Nathan Aristiphano. Keduanya menyampaikan pengalamannya dalam berorganisasi di himpunan dan menjelaskan manfaat yang didapatkan selama berhimpun.

Ketua PMB SITH-S 2024, Akhmad Varian Farros, menyampaikan sambutan di Ruangan 9680 A dan B lantai 5 GKU 1 ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (16/03/2024). (Dok. Panitia PMB SITH-S 2024)

Suksesnya acara PMB ini tak luput dari peran ketua pelaksana PMB, Akhmad Varian Farros (Biologi 2022), beserta para panitia lainnya. Farros mengatakan, “Dalam waktu dua bulan mempersiapkan acara PMB ini, ada banyak up and down yang dialami. Namun, itu semua dapat teratasi dengan bantuan para kabid, kadiv, dan staf yang sangat proaktif dalam merancang acara ini, sehingga bisa memfasilitasi TPB SITH-S 2023 yang mungkin masih bimbang dalam menentukan jurusan apa yang akan dipilih”.

Farros juga mengungkapkan bahwa dia sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini dan berharap PMB tahun-tahun selanjutnya bisa terus terlaksana dengan semangat yang lebih tinggi dan keseluruhan acara yang lebih baik.

Dengan PMB ini diharapkan peserta dapat lebih tergambar perbandingan antara kedua jurusan, yaitu biologi dan mikrobiologi, baik dari segi akademik selama perkuliahan maupun prospek kerja nantinya.

Reporter: Dina Avanza Mardiana (Mikrobiologi 2022)


scan for download