FTI ITB Sambut Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 2023: Fokus Riset dan Kontribusi Akademik

By Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dekan FTI ITB, Prof. Brian Yuliarto, S.T., M.Eng., Ph.D.

BANDUNG, itb.ac.id – Memasuki Tahun Ajaran Baru 2023/2024, Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Penyambutan Mahasiswa Baru FTI Program Pascasarjana Angkatan 2023, di Ruang TVST A ITB Kampus Ganesha, Senin (14/08/2023). Penyambutan dihadiri Dekan dan para Wakil Dekan, Ketua Program Studi (kaprodi) serta Dosen FTI ITB.

Dalam sambutannya, Dekan FTI ITB, Prof. Brian Yuliarto, S.T., M.Eng., Ph.D., menekankan pentingnya penelitian dan riset oleh mahasiswa pascasarjana karena fokus yang berbeda dengan sarjana. “Kalau Anda tidak manfaatkan kemajuan yang ada di FTI, produktivitas tinggi yang ada di FTI, dan dosen-dosen yang begitu hebat karena sebagian besarnya lulusan kampus-kampus besar dunia, Anda akan rugi,” ujarnya.

Prof. Brian memotivasi mahasiswa agar memanfaatkan atmosfer akademik yang baik di FTI ITB dan berkontribusi pada pengetahuan melalui publikasi paper-paper intelektual. Beliau juga menekankan pengembangan kapasitas dengan terlibatnya mahasiswa dalam penelitian dan eksperimen di laboratorium.

Setelah itu, Wakil Dekan Bidang Akademik FTI ITB, Prof. Dr. Ir. Yogi Wibisono Budhi, ST., M.T., menyampaikan visi, misi, dan sejarah FTI. FTI bertujuan menjadi unggulan dalam teknologi industri dengan fokus pada pendidikan berkualitas dan pencapaian akademis. Program studi S2 dan S3 di FTI menawarkan kesempatan belajar sambil bekerja serta menekankan pentingnya publikasi ilmiah.

FTI ITB mempunyai program percepatan studi, budaya ilmiah kuat, dan pencapaian publikasi yang mengesankan. Program studi S2 dan S3 di FTI memiliki dua orientasi, yaitu keilmuan dan aplikatif, dengan penekanan pada penelitian dan keselamatan kerja.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Peraturan Akademik Ketua Komisi Program Pascasarjana FTI ITB, Prof. Ir. Johnner Sitompul, M.Sc., Ph.D. Beliau pun menjelaskan mengenai struktur organisasi FTI yang meliputi sejarah serta komunitas dan sub-komisi terkait.

Selain itu, Prof. Johnner menyoroti pentingnya kualitas akademik dan integritas dalam program pendidikan pascasarjana. Beliau menekankan persyaratan IPK minimum untuk lulus, kriteria kumulatif yang memadai untuk lulus cum laude atau sangat memuaskan, hingga publikasi internasional untuk mencapai tingkat lulusan yang berkualitas.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download