Sambut Mahasiswa Baru Internasional, ITB Gelar International Student Orientation 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan kegiatan International Student Orientation untuk menyambut Mahasiswa Baru ITB 2023 Program Internasional Jenjang Sarjana dan Pascasarjana. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang 9676 Gedung Kuliah Umum 1 (GKU 1), ITB Kampus Jatinangor, Sabtu (02/09/2023).

Kegiatan dipandu Rafly Akbar (Teknik Industri, 2022) dan Jasmine Exa Kamilia (Teknik Lingkungan, 2021) sebagai Duta Kampus ITB Bidang Duta Antarbangsa.

Terdapat empat sesi materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru program internasional. Pemaparan pertama disampaikan perwakilan Biro Kemitraan ITB, Ir. Alfend Rudyawan, S.T., M.Sc., M.T., Ph.D.

Beliau mengenalkan peserta pada ITB, Bandung, dan Indonesia, serta memaparkan pentingnya pemahaman lintas budaya (cross-cultural understanding). Selain itu, Alfend memberikan informasi mengenai izin tinggal dan masalah imigrasi yang relevan bagi mahasiswa internasional.

Sesi kedua terkait peraturan akademik dan kemahasiswaan yang disampaikan tiga pembicara. Pertama, Ketua Subdirektorat Monitoring dan Evaluasi Pendidikan ITB, Dr. Ir. Dianika Lestari, S.T., M.T., yang memaparkan kode etik mahasiswa, kurikulum, program pendidikan di ITB dari sarjana hingga pascasarjana. Kedua, Ketua Subdirektorat Kesejahteraan Mahasiswa ITB, Ir. Hendri Syamsudin, M.Sc., Ph.D., yang menjelaskan berbagai layanan dan kegiatan yang ditawarkan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB. Ketiga, Kepala Subdirektorat Perancangan Teknologi dan Konten Pendidikan, Allya Paramita Koesoema, S.T., M.T, Ph.D., yang memaparkan sistem informasi akademik yang akan menjadi hal penting dalam perjalanan akademik mahasiswa.

Adapun materi sesi ketiga tentang penjelasan fasilitas kampus disampaikan perwakilan Direktorat Sarana dan Prasarana ITB, Dr. Eng. Ginting Jalu Kusuma, S.T., M.T. Beliau memberikan penjelasan mengenai berbagai fasilitas di ITB yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Pada sesi terakhir, mahasiswa dikenalkan dengan inovasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Acara International Student Orientation membuka pintu bagi mahasiswa internasional ITB untuk memahami lebih dalam tentang lingkungan akademik dan sosial selama kuliah di Indonesia. Dengan pemaparan yang informatif dan sambutan yang hangat, diharapkan mahasiswa baru ITB 2023 dapat sukses dalam pengalaman studi di ITB.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download