Strategi Membangun Calon Pemimpin di Berbagai Bidang Bisnis dalam ITB Integrated Career Days

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Melalui ITB Career Center, Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Integrated Career Days April 2024 yang diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB pada 19-20 April 2024. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum (pencari kerja) untuk mengenal lebih dekat budaya dari berbagai perusahaan.

Corporate People Development Analyst PT. Astra International Tbk., Fatika Wardani, membawakan presentasi perusahaan dengan topik “Get to Know Astra Graduate Program”, Sabtu (20/4/2024).

Fatika Wardani menjelaskan program tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk mengembangkan calon pemimpin di perusahaan.

"Ini merupakan program pengembangan yang memang khusus didesain untuk mengembangkan calon leaders di Astra," ujarnya.

Program ini membuka kesempatan bagi para lulusan untuk mengembangkan potensi dalam berbagai bidang bisnis, baik otomotif, jasa keuangan, infrastruktur, dan teknologi informasi.

Beliau juga menjelaskan bahwa program ini berbeda dari program pelatihan biasa karena memberikan pelatihan dalam berbagai fungsi bisnis, memberikan kesempatan peserta mendapatkan pengalaman langsung di berbagai anak perusahaan Astra, serta diajarkan mengenai human capital, sales marketing, dan finance.

Dalam program ini, peserta mendapatkan bimbingan langsung dari para eksekutif. Mereka akan menjalani evaluasi tengah dan akhir selama masa pelatihan. Setiap kali dilakukan evaluasi, mereka diminta menyusun rencana kinerja individu yang kemudian akan diperiksa untuk memastikan target yang ditetapkan telah tercapai.

Peserta yang mengikuti program pun diberi kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan khusus karyawan, termasuk perayaan HUT, family day, donor darah, hingga kelas fitnes. Selain itu, peserta dapat mengambil bagian dalam ekskul seperti basket, tenis, badminton, futsal, dan boling.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download