PMB ITB Program Pascasarjana dan Profesi Semester II 2023/2024, Terima 1.104 Mahasiswa Baru

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) Program Pascasarjana dan Profesi yang diselenggarakan secara luring, Jumat (2/1/2024) di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. Kemudian pengantar Program Pascasarjana dan Profesi yang disampaikan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana, Prof. Dr. Suprijadi, M.Eng., serta Direktur Pendidikan Non Reguler, Prof. Ridwan Sutriadi, S.T., M.T., Ph.D.

Dilanjutkan dengan pengarahan mahasiswa baru Program Pascasarjana yang dijelaskan oleh Wakil Dekan Sumber Daya, Pengembangan, dan Kerjasama, Prof. Dr.rer.nat. apt. Sophi Damayanti, M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Penjaminan Mutu, Prof. Dr.mont. Mohammad Zaki Mubarok, M.T.

Sesi terakhir agenda PMB ini diisi dengan inspiring talk dengan tema "Membangun Spirit Peneliti Muda, Menyongsong Tantangan Indonesia Emas", dengan narasumber Guru Besar dalam Bidang Ilmu Kelembagaan, Pengelolaan, Pembiayaan Infrastruktur Wilayah dan Kota SAPPK ITB, Prof. Ir. Miming Miharja, S.T., M.Sc.Eng. Ph.D., yang dimoderatori oleh Dosen dari Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB, D.Sc.(Tech.) Imam Santoso, S.T., M.Phil.

Menurut data per 31 Januari 2024, PMB Program Pascasarjana dan Profesi semester II Tahun Akademik (TA) 2023/2024, ITB menerima sebanyak 1.104 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri dari 782 mahasiswa Program Magister dan 94 Program Doktor. Dengan rincian 344 orang atau 44% berjenis kelamin wanita serta 438 orang atau 56% berjenis kelamin pria pada Program Magister. Sementara itu untuk Program Doktor, 42 orang atau 44,7% berjenis kelamin wanita dan 52 orang atau 55,3% berjenis kelamin pria.

Mahasiswa baru Program Magister yang termuda pada semester II TA 2023/2024 berusia 20 tahun dan usia paling tua adalah 61 tahun. Sedangkan usia termuda mahasiswa pada Program Doktor adalah 23 tahun dan usia tertua adalah 61 tahun.

Kemudian pada Program Profesi, terdapat 228 mahasiswa dengan rincian sebanyak 138 orang diterima pada Program Profesi Insinyur dan 90 mahasiswa diterima pada Program Apoteker. Sebanyak 88 orang atau 38,6% berjenis kelamin wanita serta 140 orang atau 61,4% berjenis kelamin pria. Adapun mahasiswa yang termuda berusia 20 tahun dan yang tertua berusia 57 tahun.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., mengucapkan selamat atas diterimanya mahasiswa baru pada semester ini. "Saya mengucapkan selamat atas diterimanya Anda semua sebagai mahasiswa pascasarjana ITB. Semoga ini menjadi bagian dari langkah penting dalam meraih masa depan, meningkatkan kompetensi diri untuk berkontribusi lebih di masyarakat," ujarnya.

Beliau pun berpesan agar para mahasiswa baru terus berkarya dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk ITB namun juga bagi bangsa.

"Terus belajar dan berkarya, untuk memberikan yang terbaik bagi almamater dan negeri tercinta," ungkapnya.


scan for download