Seleksi Wawancara Calon Duta Kampus ITB 2024: Membangun Representasi Mahasiswa ITB yang Ideal

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Panitia Pemilihan Duta Kampus ITB 2024 mengadakan seleksi wawancara calon Duta Kampus ITB 2024, Minggu (21/4/2024). Kegiatan ini bertempat di Ruang Bimbingan Konseling serta Ruang Asisten Ditmawa, Campus Center (CC) Timur ITB Kampus Ganesha.

Sebanyak 37 calon Duta Kampus ITB 2024 melakukan wawancara. Mereka terdiri atas tujuh minat duta, yakni Duta Antarbangsa, Duta Persahabatan & Well-being, Duta Literasi, Duta Intelegensia, Duta Wirausaha, Duta Sustainability dan Duta Multikampus.

Duta Kampus ITB merupakan representasi dari Mahasiswa ITB yang dituntut untuk memiliki kemampuan interpersonal maupun intrapersonal yang baik. Namun, cara untuk mengukur kondisi level interpersonal maupun intrapersonal seseorang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Duta Kampus ITB adalah mahasiswa terpilih dari berbagai lembaga di ITB yang menjadi figur representasi profil dan karakter mahasiswa, memberikan pengaruh baik bagi sekitar, serta memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan seluruh program/kegiatan kemahasiswaan.

Panitia Duta Kampus ITB bekerja sama dengan Tim Psikolog ITB untuk memecahkan masalah terkait isu tersebut. Setiap pertanyaan yang diberikan akan mengacu pada proses penguatan dan implementasi karakter Adaptif, Integritas, dan Rendah Hati, sesuai dengan karakter harapan yang dicanangkan oleh ITB.

Program Duta Kampus ITB di bawah tanggung jawab Ditmawa ITB. Oleh karena itu, sebagai pelaksana program, Ditmawa ITB memiliki hak dan kewajiban khusus untuk memaksimalkan potensi duta dalam upaya penyuksesan seluruh program/kegiatan kemahasiswaan maupun hal kerja sama yang dijalankan Ditmawa ITB.

   

Tujuan dari tahap wawancara dalam seleksi Duta Kampus ITB adalah mengetahui kemampuan dan daya logis serta hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan seorang duta dalam kemampuan interpersonal maupun intrapersonal.

Para pewawancara, yang terdiri atas Tim Quality Control Panitia Pemilihan Duta Kampus ITB 2024 dan Duta Kampus ITB 2023, menguji pengetahuan peserta seputar tugas, peran, dan urgensi dari seorang duta. Selain itu, pengetahuan terkait dengan minat duta yang telah ditentukan menjadi fokus dalam tahap wawancara ini.

Zaky Aditya (Teknik Geologi, 2022), salah seorang peserta mengungkapkan pengalamannya mengikuti wawancara. "Lumayan menegangkan dan lumayan diajak buat berpikir kritis lagi karena dibahas tentang isu-isu sama urgensi dari Duta Kampus itu sendiri.”

Sementara itu, Yessyca Diana Glorya Manurung (Fakultas Teknologi Industri, 2023) mengatakan, “Kesan wawancara hari ini nano-nano banget. Ada deg-degannya, tapi happy juga, excited juga buat jawab. Yang terpenting, wawancara hari ini bikin kita ngaca, bikin kita bercermin gimana sih cara memandang diri kita. Pokoknya seru banget deh. TOP!”

Tahap seleksi selanjutnya setelah wawancara adalah Campaign Challenge. Peserta akan diminta memproduksi dan mempublikasikan konten dengan konteks sesuai minat duta masing-masing. Proses selanjutnya ini diharapkan dapat menampilkan bakat dan kreativitas para calon duta dalam mengadvokasi isu-isu yang relevan dengan minat mereka.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download