Direktorat Kemahasiswaan ITB Sosialisasikan Program Pemilihan Duta Kampus Tahun 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Direktorat Kemahasiswaan ITB menyosialisasikan program Pemilihan Duta Kampus Tahun 2024 melalui Zoom, Jumat (1/3/2024). (ITB/Angela Sunaryo)

BANDUNG, itb.ac.id – Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyosialisasikan program pemilihan duta kampus untuk tahun 2024 kepada mahasiswa secara daring melalui Zoom, Jumat (1/3/2024).

Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, D. Arch. Gregorius Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, D. Arch. Gregorius Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. Beliau mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa tentang esensi dari program pemilihan Duta Kampus.

"Duta Kampus merupakan perwakilan wajah Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam berbagai kegiatan internal maupun eksternal. Melalui program pemilihan ini, kami berkomitmen untuk terus mendorong regenerasi duta kampus guna memastikan partisipasi mahasiswa yang berkompeten dan berkualitas dalam mengembangkan atmosfer kampus," tuturnya.

Melalui program pemilihan Duta Kampus ITB tahun 2024, akan dipilih 14 orang (7 pasang putra-putri), sebagai Duta Kampus ITB dengan beragam kategori, seperti Duta Antarbangsa, Duta Literasi, Duta Intelegensia, Duta Wirausaha, Duta Persahabatan dan Well-being, Duta Multikampus, dan Duta Lingkungan. Mereka akan memegang peran utama dalam promosi, menjadi role model, dan menjadi sampul ITB.

Saat ini kegiatan telah berjalan dan memasuki tahap seleksi. Berikut ini tahap-tahap program tersebut:

1. Pendaftaran dan unggah berkas (26 Februari-10 Maret 2024)

2. Computer based test (Tes Tulis) (24 Maret 2024)

3. Tes wawancara (20-21 April 2024)

4. Campaign challenge (29 April - 11 Mei 2024)

5. Karantina dan pendalaman materi (21-28 Juni 2024)

6. Uji publik dan malam puncak (29 Juni 2024)

Duta Kampus ITB tahun 2022, Angela Sunaryo, berharap melalui kegiatan ini mahasiswa dapat lebih memahami dan percaya diri berpartisipasi dalam program pemilihan Duta Kampus ITB tahun 2024.

"Menjadi duta adalah sebuah proses. Tentu rasa tak pernah cukup akan menghantui kita sebelum mencoba hal yang baru. Tapi itu tak mengapa karena sesungguhnya tuk berani mengambil langkah maju sudah sangatlah hebat. Kepercayaan diri dan kapabilitas akan berkembang seiring waktu, selama kita berani mencoba dan berproses. Saya berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa dapat merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mendaftar sebagai calon Duta Kampus ITB," ujar Angela.

Kegiatan sosialisasi ini mendapat respons positif dari peserta. Acara tersebut memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya peran Duta Kampus dalam menginspirasi serta mewakili mahasiswa ITB di berbagai forum baik lokal maupun internasional.

Reporter: Angela Sunaryo (Seni Rupa, 2020)


scan for download