Computer Based Test Jadi Rangkaian Awal Pemilihan Duta Kampus ITB 2024

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Calon Duta Kampus ITB 2024 melakukan computer based test di Labtek I, ITB Kampus Ganesha, Minggu (24/3/2024). (ITB/Indra Putra Lohanata)

BANDUNG, itb.ac.id - Direktorat Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (ITB) memulai rangkaian Pemilihan Duta Kampus ITB 2024 dengan menggelar Computer Based Test (CBT) di Labtek I, ITB Kampus Ganesha, Minggu (24/3/2024).

Sebanyak 60 peserta calon Duta Kampus ITB 2024, terdiri atas 19 laki-laki dan 41 perempuan, mengikuti CBT. Peserta berasal dari berbagai tingkatan mahasiswa, baik tingkat pertama maupun tingkat kedua. Mereka datang dari tiga kampus yang berbeda, yakni Kampus Ganesha, Kampus Jatinangor, dan Kampus Cirebon.

Calon Duta Kampus ITB 2024 berfoto bersama di Labtek I, ITB Kampus Ganesha, Minggu (24/3/2024). (Dok. Panitia Pemilihan Duta Kampus ITB 2024)

Kegiatan ini merupakan bagian awal dari rangkaian Pemilihan Duta Kampus ITB 2024 dengan tujuan menguji wawasan peserta. Dalam tahap ini, hal yang diuji adalah tingkat kognitif dan kepribadian peserta, yang akan mendukung peran mereka sebagai Duta Kampus ITB 2024. Dalam waktu 100 menit, peserta dihadapkan pada 120 soal yang terbagi menjadi empat subtes, yaitu Tes Mengenal Kampus (TMK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Bahasa Inggris (TBI). Soal-soal yang telah disusun kemudian ditinjau terlebih dahulu oleh Tim Khusus yang melibatkan berbagai pihak terkait di ITB.

Tes Mengenal Kampus (TMK) mencakup sejarah ITB, konsep dan implementasi ITB multikampus, pemimpin dan pemangku kepentingan di ITB, sistem akademik dan kemahasiswaan, serta fakta seputar ITB. Tes Intelegensi Umum (TIU) menguji tingkat kognitif dan intelegensi peserta terhadap kemampuan dasar dalam verbal, numerik, dan figural. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) menyoroti studi kasus tentang Duta Kampus ITB, akademik, dan kemahasiswaan. Sementara itu, Tes Bahasa Inggris (TBI) terbagi menjadi reading test dan writing test.

Pengujian dilaksanakan secara luring melalui situs Canvas guna mencegah potensi kecurangan. Setiap aktivitas peserta selama ujian terekam secara jelas. Peserta diwajibkan menjalani ujian dalam kondisi layar penuh dan diingatkan bahwa setiap orang yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

Salah seorang peserta, Saputra Dewa, merasa terkesan mengikuti CBT ini. “Itu ngembaliin memori pas UTBK dulu ketika kita harus ngerjain banyak soal terus waktunya sedikit,” ujarnya.

Nantinya, akan dipilih tiga pasang putra-putri dari setiap kategori untuk melanjutkan tahap wawancara. Berbagai kategori tersebut meliputi Duta Antarbangsa, Duta Intelegensia, Duta Literasi, Duta Wirausaha, Duta Persahabatan dan Well-being, Duta Multikampus, dan Duta Lingkungan. Pada akhirnya, akan terpilih dua pasang putra-putri dari setiap kategori yang menjalankan peran sebagai Duta Kampus ITB 2024 sebagai garda terdepan dalam mempromosikan kampus dan kegiatan di ITB, menjadi role model, dan menjadi sampul ITB.

Reporter: Indra Putra Lohanata (Aktuaria, 2021)


scan for download