PROKM 2011: Kolaborasi Satu ITB dalam Seremoni Penutupan

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - PROKM 2011 (Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa) akhirnya ditutup seminggu setelah berlangsungnya acara penyambutan mahasiswa baru. Penutupan acara yang rutin diadakan setiap tahun tersebut dilakukan pada Jumat (05/08/11) di kampus ITB.

Acara penutupan diawali dengan interaksi mahasiswa baru dengan masa kampus. Interaksi ini mencerminkan kolaborasi satu ITB karena melibatkan seluruh elemen-elemen di kampus ITB seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Himpunan Jurusan. Interaksi tersebut dilakukan di seluruh penjuru kampus yaitu Lapangan Aula Barat, Lapangan Aula Timur, Lapangan Parkir GKU (Gedung Kuliah Umum) Timur, Lapangan Parkir SBM, dan Pool Bus ITB.

Kejaran yang ingin dicapai ialah untuk me-review materi yang diberikan kepada mahasiswa baru selama kegiatan PROKM 2011 berlangsung. Seluruh elemen kampus dalam interaksi tersebut mengingatkan kembali hal-hal yang sudah diperoleh dan materi-materi saat PROKM 2011 berlangsung.

Seremoni penutupan dimulai setelah interaksi dengan masa kampus yang terdiri dari beberapa acara pokok, yaitu salah satunya performance teatrikal. Penampilan ini menceritakan mengenai "Pendidikan, Modal Mahasiswa (Untuk Bangsa)". Performance teatrikal ini juga merupakan konklusi dari performance teatrikal yang sebelumnya ditampilkan di acara pembukaan pada Senin (01/08/11) lalu.

Presiden Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, Tizar Bijaksana (Perencanaan Wilayah dan Kota 2007) juga memberikan sambutan dalam acara penutupan ini setelah mahasiswa baru mendeklarasikan Ikrar 2011 yang merupakan feedback terhadap rangkaian acara PROKM 2011.  Dalam sambutannya, Presiden KM ITB menyatakan selamat datang kepada mahasiswa baru 2011 dan memberikan arahan agar turut aktif di kemahasiswaan ITB kedepannya.

Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Ph juga turut hadir dalam acara tersebut. Rektor ITB juga turut memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru dan memberikan semangat bagi mahasiswa baru dan seluruh elemen kampus untuk menjalani kuliah dan pembelajaran di ITB ke depannya.

Seremoni penutupan PROKM 2011 diakhiri dengan menyerukan "Salam Ganesha" yang dipimpin oleh Presiden KM ITB. Setelah itu mahasiswa baru bersama-bersama dengan seluruh elemen kampus ITB menyanyikan lagu "Mentari" dan "Kampusku" sebagai bentuk nyata kebersamaan dan kesatuan satu ITB.


scan for download