OHU ITB 2011: Ajang Perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa ITB

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Open House Unit (OHU) ITB menjadi salah satu acara yang ditunggu oleh mahasiswa ITB setiap tahunnya. Acara ini merupakan ajang perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) kepada civitas kampus, khususnya bagi mahasiswa baru. OHU ITB yang pada tahun ini berlangsung Sabtu (06/08/11) diikuti oleh sekitar 80 UKM dari berbagai rumpun dipadati pengunjung baik mahasiswa ITB maupun masyarakat umum.

Rangkaian acara OHU ITB 2011 ini resmi dibuka setelah adanya Opening pada pukul 09.00 WIB. Menyusul Opening, diadakan pawai internal ITB dengan rute Tugu Soekarno - Fisika - Planologi. Pawai internal ini diikuti oleh semua UKM ITB. Pengunjung yang tidak sempat menyaksikan pawai internal ini, tetap dapat menyaksikan aksi dari setiap UKM di panggung pertunjukkan yang ada di depan Tugu Soekarno.

Berbagai stand disediakan panitia sebagai sarana untuk setiap UKM dalam mengadakan pendaftaran anggota baru dan sebagai pusat informasi mengenai UKM tersebut. Setiap UKM juga diberi kebebasan untuk mengadakan wahana karya dengan konsep bebas. Wahana karya ini ditujukan sebagai sarana interaksi pengunjung untuk lebih memahami UKM tersebut. Stand UKM terletak di parkiran Gedung Laboratorium Teknik V dan VIII, lapangan di depan Campus Center Barat dan Timur, serta Boulevard di depan Jam Gadang ITB (khusus untuk stand selain UKM).

Pengunjung yang tidak ingin merasakan terik matahari namun tetap ingin mengikuti OHU ITB ini juga difasilitasi panitia. Pengunjung dapat mengikuti Sinema Diskusi di ruang 9009. Di ruangan ini diadakan pemutaran beberapa film karya mahasiswa ITB. Tak lupa acara ini diselingi pemutaran iklan setiap UKM dan diskusi.

Bulan Ramadhan tidak menghalangi kreativitas mahasiswa dalam menunjukkan eksistensi unit mereka kepada pengunjung. OHU 2011 diadakan terutama untuk mengenalkan unit kemahasiswaan di ITB kepada mahasiswa baru angkatan 2011 yang baru saja selesai mengikuti rangkaian acara Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa (PROKM) ITB 2011. [ed]


scan for download