Tips Membangun Karier bagi Lulusan Geofisika di Bidang Minyak dan Gas dari Alumnus ITB

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id — Society of Exploration Geophysicists (SEG) ITB Student Chapter (SC) menggelar webinar “Guide Your Future 2.0”, Kamis (7/3/2024), yang membahas kiat-kiat membangun karier di sektor minyak dan gas, khususnya bagi lulusan Sarjana Teknik Geofisika. Pembicara pada acara ini yakni Ilona Jocelynn Untung, yang saat ini berkarier sebagai Operation Geophysicist di Petroleum Geo Service (PGS).

   

Ilona, sebagai alumnus program studi Teknik Geofisika ITB, berbagi wawasan tentang pentingnya perencanaan yang baik dalam membangun karier di dunia kerja. Ilona berbagi pengalamannya mulai dari internship di PT Pertamina Hulu Mahakam, sebagai Research Assistant dosen di ITB, hingga menjadi Junior Geophysicist di LAPI ITB.

Ilona juga turut membagikan strategi pencapaian tujuan dalam kariernya. Tiga poin kunci yang diuraikan olehnya, yakni, pertama, mendefinisikan tujuan secara jelas (define my goals), kedua, membuat daftar langkah-langkah yang harus diambil (make a list), ketiga, melaksanakan semua langkah tersebut (do all the steps).

   

Untuk poin pertama, Ilona menjelaskan bahwa perlu mendefinisikan tujuan dengan cara menuliskan mimpi-mimpi. Pada poin ini, beliau pernah bercita-cita untuk bisa internship di PT Pertamina Hulu Mahakam dan mimpi besarnya adalah working overseas.

Selanjutnya di poin kedua, beliau menjelaskan bahwa kita harus membuat daftar untuk mencapai tujuan. Beliau mencontohkan, jika ingin internship di PHM dan working overseas beberapa hal harus dipersiapkan seperti mempersiapkan CV dan surat administrasi, membuat proposal, mengikuti lomba, meningkatkan kemampuan berbahasa inggris, dan mencari relasi seluas mungkin dengan aktif dalam berorganisasi. Pada poin ketiga, daftar hal yang harus dikerjakan harus dilakukan.

Beliau berpesan agar belajar berbagai hal lain, tetap terbuka dalam berbagai peluang apapun, dan tidak hanya berfokus pada satu bidang saja.

Reporter: Ahmad Faujan (Oseanografi, 2021)


scan for download