REACTOR Fisika ITB: Pentingnya Pemanfaatan Job Portal untuk Peluang Karier

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Kegiatan REACTOR day 5 yang berlangsung Sabtu (9/3/2024). (ITB/Aris Syifa Augustina)

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dengan program studi S1 Fisika ITB serta Ikatan Alumni Fisika (IAFI) ITB menggelar program pengembangan keprofesian “Roadmap to Exploring Advance Career Tracks in Physics (REACTOR)”. Kegiatan ini dapat diikuti oleh sivitas akademika maupun dari luar ITB.

Program ini berlangsung selama satu semester, mulai 3 Februari hingga 25 Mei 2024, dengan total 15 kali kegiatan meliputi 14 kali pematerian via webinar serta satu hari kunjungan industri. Bagi mahasiswa Fisika ITB, kegiatan ini memiliki benefit tersendiri, yakni dapat dikonversi sebagai mata kuliah pilihan luar sebanyak 3 SKS dengan ketentuan total kehadiran minimal 80 persen serta mengerjakan seluruh tugas termasuk pre dan post test.

Program yang diinisiasi Divisi Alumni Relation and Career Development (ARCADE) HIMAFI ITB ini memiliki sejumlah tujuan. Ketua Divisi ARCADE HIMAFI ITB, Muhammad Reza Fahriyansyah, mengatakan, “Tujuan utamanya adalah mempersiapkan peserta menuju dunia pascakampus, baik itu berkarier sebagai profesional ataupun melanjutkan ke studi jenjang berikutnya. Tujuan lainnya adalah memperkenalkan mahasiswa Fisika ITB dengan alumni yang sudah berkontribusi di bidangnya masing-masing. Harapannya ini dapat menjadi penyemangat dan penambah optimistis.”

Kegiatan REACTOR rutin diadakan pada Sabtu secara daring melalui Zoom dan streaming pada kanal Youtube Fisika ITB. Berkolaborasi dengan IAFI ITB, hampir seluruh pembicara merupakan alumnus Fisika ITB.

Pada REACTOR day 5, Sabtu (9/3/2024) tema yang diangkat yakni “Pemanfaatan Job Portal” yang dibawakan oleh Aldian Nur Azmar S.Si. Beliau merupakan lulusan prodi Fisika ITB angkatan 2019 yang kini tengah bekerja sebagai SAP Data Migration Consultant di Dynamik Technologies.

Beliau menyampaikan materi seputra job portal, mulai dari pengertian, pemanfaatannya, strategi efektif penggunaannya, tantangan penggunaannya, serta contoh dan tips dalam membuat profil yang menarik di job portal.

Beliau mengatakan, komunikasi merupakan hal penting dan kunci kesuksesan dalam meningkatkan branding diri di job portal. “Walaupun profil kalian bagus bisa segala macam, kalau komunikasi kalian kurang akan menjadi nilai minus untuk diri kalian sendiri di mata perusahaan. Bahkan banyak sekarang itu kesannya dia tidak bisa ini tidak bisa itu, tetapi dengan mengomunikasikan apa yang dia punya dengan baik seolah-olah itu menjadi hal yang wow untuk perusahaan,” ujarnya.

Menurutnya, komunikasi juga menjadi hal penting karena biasanya recruiter hanya mencari berdasarkan kata kunci. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan skill, experience, dan minat lalu membungkusnya menjadi sebuah kata kunci.

Selain itu, beliau menekankan pentingnya membangun networking. Terdapat enam langkah yang beliau ikuti untuk membangun dan menjaga networking.

Aldian Nur Azmar S.Si. menyampaikan enam langkah membangun dan menjaga networking pada kegiatan REACTOR day 5, Sabtu (9/3/2024). (ITB/Aris Syifa Augustina)

Selain menyampaikan materi, beliau meninjau profil LinkedIn peserta yang sebelumnya ditugaskan membuat profil LinkedIn.

Aldian Nur Azmar S.Si. meninjau profil LinkedIn peserta REACTOR pada kegiatan REACTOR day 5, Sabtu (9/3/2024). (ITB/Aris Syifa Augustina)

Terakhir, Aldian menyampaikan pesannya kepada mahasiswa untuk terus semangat menjalani dunia perkuliahan serta melakukan perencanaan karier ke depannya mulai dari sekarang. 

Reporter: Aris Syifa Augustina (Teknik Fisika, 2021)


scan for download