Gelaran ITB Career Days Oct 2023, Integrasi Lulusan dan Industri

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi membuka acara "Titian Karier Terpadu ITB Oktober 2023" (ITB Hybrid Integrated Career Days October 2023) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Jumat (20/10/2023). Acara yang berlangsung dua hari tersebut merupakan upaya ITB membuka wadah bagi mahasiswa untuk memasuki dunia kerja dan meraih kesuksesan karier mereka.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng. dan Direktur Kemahasiswaan ITB, Dr. Arch. G Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn. secara simbolis meresmikan acara ini dengan pemotongan pita.

Ketua panitia Titian Karier Terpadu ITB Oktober 2023 yang merupakan Kepala Sub-Direktorat Pengembangan Profesi dan Kewirausahaan ITB, Hafiz Azis Ahmad, S.Sn. M.Des. Ph.D., mengatakan, selain membantu lulusan meniti karier, ITB berfokus untuk memastikan kualitas lulusan. Salah satu tujuan dari acara ini adalah menciptakan kesesuaian antara mahasiswa dan kebutuhan industri.

Prof. Jaka Sembiring dalam sambutannya menekankan pentingnya kegiatan ini dalam konteks ITB untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan relevan dengan dunia industri. Beliau mengatakan bahwa ITB selalu berusaha menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja. ITB telah menetapkan standar yang lebih tinggi dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan acara Titian Karier Terpadu tersebut membantu menjembatani kebutuhan mitra industri dengan lulusan ITB.

Titian Karier Terpadu Oktober 2023 berlangsung secara bauran, menggabungkan aktivitas luring dan daring. Terdapat pameran bursa karier oleh perusahaan, seminar dari perusahaan, serta rekrutmen yang dilakukan perusahaan-perusahaan mitra. Selain itu, terdapat juga pameran beasiswa dan pameran kewirausahaan mahasiswa yang terlibat dalam program mahasiswa wirausaha di tahun 2023. Pameran kewirausahaan ini mencakup mahasiswa ITB yang memiliki startup di berbagai bidang termasuk teknologi maupun nonteknologi.

Acara ini didukung oleh sejumlah perusahaan mitra, termasuk PT Astra International Tbk, PT Paragon Technology and Innovation, PT Formulatrix Indonesia, PT The Sixth Chemical Engineering Construction, Star Energy Geothermal Limited, Bank OCBC NISP, Bank Mandiri Tbk, Bank Negara Indonesia Tbk, PT Mattel Indonesia, PT QMB New Energy Materials, dan PT Amazon Web Service Indonesia. Selain itu, ada tiga lembaga penyedia beasiswa dan sepuluh kelompok wirausaha mahasiswa dari ITB yang turut berpartisipasi.

Titian Karier Terpadu ITB Oktober 2023 memungkinkan interaksi efektif antara mahasiswa dan mitra industri. Selain itu, acara ini menjadi wadah bagi mahasiswa merencanakan karier dan meraih peluang di dunia kerja. Melalui Titian Karier Terpadu, ITB berkomitmen terus meningkatkan kualitas lulusan dan menjembatani kesenjangan antara mahasiswa dan dunia kerja yang dinamis.

Dengan berbagai program yang ditawarkan selama acara tersebut, ITB berharap Titian Karier Terpadu Oktober 2023 dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswanya dan mitra industri. Acara ini adalah perwujudan nyata dari tekad ITB untuk mempersiapkan lulusannya untuk meraih kesuksesan di dunia kerja yang dinamis.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download