SAPPK ITB Gelar Penyambutan Mahasiswa Baru Sarjana dan Pascasarjana 2023

Oleh Anggun Nindita

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Penyambutan Mahasiswa Baru SAPPK Angkatan 2023 di dua lokasi, GKU 1 Lantai 5, Kampus ITB Jatinangor untuk mahasiswa baru program sarjana, serta Aula Timur, Kampus ITB Ganesha, untuk mahasiswa baru program pascasarjana, Senin (14/08/2023). Kegiatan diikuti pula oleh orang tua mahasiwa melalui aplikasi Zoom.

Acara diawali sambutan Dekan SAPPK, Prof. Dr. Sri Maryati, S.T, MIP. Beliau memperkenalkan dosen dan staf fakultas, serta penjelasan tentang SAPPK yang terdiri atas 9 kelompok keahlian dan 12 program studi. Selain itu, dijelaskan bahwa SAPPK menerapkan orientasi nasional dan internasional dengan menjalin kerja sama double degree serta menyelenggarakan kursus virtual internasional.

Prof. Sri juga menjelaskan Rencana Strategi (Renstra) SAPPK yang menekankan visi menjadi institusi inklusif, adaptif, dan fleksibel dalam memecahkan masalah bangsa dan meraih reputasi internasional.

“SAPPK memiliki sasaran strategis seperti diversifikasi program pendidikan, kegiatan Tri Dharma yang terintegrasi, efisiensi proses bisnis, dan peningkatan sumber daya,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan fasilitas dan sumber daya di SAPPK oleh Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Dr. Eng. Puspita Dirgahayani, S.T, M.Eng. Dr. Puspita pun membahas Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) di ITB. Berdasarkan Peraturan Rektor Nomor 350A/IT1.A/PER/2021, ITB menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berbeda sesuai tingkatan, serta adanya opsi pengajuan keringanan UKT. Pencicilan BPP dapat dilakukan dua atau tiga kali dalam satu semester. Pemberian beasiswa juga disediakan, seperti Beasiswa Ganesha Talent Assistantship (GTA) untuk program sarjana dan magister.

Selain itu, beliau menjelaskan prosedur administrasi seperti surat-menyurat dan prosedur penyelenggaraan kegiatan kemahasiswaan di ITB.

Terkait perkuliahan semester I Tahun Ajaran 2023/2023 yang kembali dilaksanakan secara luring, Dr. Puspita membahas protokol kesehatan saat kegiatan akademik, termasuk memasuki masa transisi endemi.

Beliau pun memaparkan tentang Gerakan Green Campus “Memilah Sampah” hingga fasilitas SAPPK yang ada di Kampus ITB Ganesha, Jatinangor, serta Cirebon.

Agenda berikutnya tentang pengenalan program dan administrasi akademik yang disampaikan Wakil Dekan Bidang Akademik, Aswin Indraprastha, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D, meliputi bidang dan program studi di SAPPK; administrasi pendidikan yang meliputi aturan akademik, syarat kelulusan, kriteria predikat kelulusan; program-program pendidikan dan beasiswa; kerja sama dan kolaborasi akademik; dosen wali dan fungsinya; program kokurikuler dan ekstrakurikuler; hingga kiprah alumni SAPPK ITB.

Acara diakhiri pemberian penghargaan Dean’s List kepada mahasiswa berprestasi SAPPK serta presentasi Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOM).

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download