Mahasiswa Teknik Sipil ITB Ikuti Kuliah Lapangan, Perkuat Pemahaman Pelaksanaan Konstruksi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil angkatan 2021 Institut Teknologi Bandung (ITB) mengikuti kuliah lapangan di sejumlah lokasi, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembelajaran mata kuliah Manajemen Konstruksi. Mahasiswa diharapkan mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan konstruksi di lapangan.

Adapun kuliah lapangan dilakukan di proyek pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Summarecon Bandung, proyek Science Techno Park (STP) Gedebage, dan Stasiun Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Sebelum memulai kegiatan, mahasiswa mendapatkan pemaparan terkait safety induction untuk menghindari kecelakaan. Hal ini karena beberapa proyek masih pada tahap awal pembangunan.

Mahasiswa terlihat sangat antusias dalam kuliah lapangan tersebut. Mereka memperhatikan setiap penjelasan yang disampaikan pihak kontraktor. Beberapa kali mahasiswa pun mengajukan pertanyaan terkait pelaksanaan konstruksi di lapangan.

   

Di proyek STP ITB Gedebage, mahasiswa mempelajari tentang pekerjaan mass concrete mulai dari fabrikasi baja tulangan sampai dengan pekerjaan curing beton mass concrete. Adapun mahasiswa yang mengunjungi proyek GBI Summarecon memperoleh informasi terkait pelaksanaan proyek mulai dari tahap inisiasi proyek hingga tahap konstruksi. Mahasiswa pun mempelajari berbagai risiko yang mungkin terjadi saat proses konstruksi berlangsung.

Terakhir, mahasiswa mengunjungi Stasiun Tegalluar. Mereka mendapatkan materi tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Pemaparan disampaikan langsung Manager of Station Buildings & Facilities and Integration Development PT. KCIC, Tonot Aldina Partadisastra. Beliau menjelaskan terkait pelaksanaan proyek KCJB mulai dari inisiasi hingga pelaksanaan proyek. Selain itu, mahasiswa mendapatkan wawasan tentang berbagai fasilitas yang dibangun dan direncanakan di stasiun yang dilewati KCJB.

Reporter: Arif Hermawan (Teknik Sipil, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download