KK Manajemen dan Rekayasa FTSL ITB Buka Kompetisi Konstruksi Ramping

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id--Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (KK MRK), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 5 Agustus 2023 meluncurkan Kompetisi Konstruksi Ramping (K2R) Neo 1.0. Kegiatan tersebut telah diinisiasi dari tahun 2005.

Kompetisi pertamanya diselenggarakan pada 2016 bertajuk Kompetisi Konstruksi Ramping (K2R) 1.0 yang diikuti 7 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Kemudian K2R 2.0 pada tahun 2017 diikuti oleh 8 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, dilanjutkan dengan K2R 3.0 pada tahun 2018 yang diikuti oleh 7 perguruan tinggi serta 8 kontraktor dari seluruh Indonesia, dan K2R 4.0 pada 2019 yang diikuti oleh 10 perguruan tinggi serta kontraktor dari seluruh Indonesia.

Pada tahun 2023 ini, KK MRK mengusung konsep terbaru bertajuk K2R Neo 1.0 dengan mengembangkan inovasi dan konsep terbaru dari sebelumnya. K2R Neo ini diharapkan dapat menjadi platform kolaborasi inovatif dari berbagai akademisi dan praktisi konstruksi dalam mengimplementasikan Konstruksi Ramping di Indonesia.

KK MRK ITB mengharapkan dengan adanya K2R Neo ini, dapat memberikan pemahaman serta kompetensi mendalam mengenai konsep Konstruksi Ramping, kompetensi awal terkait Sistem Perencana Akhir (SPA), kolaborasi antara tim peserta, kompetensi kepemimpinan, dan komunikasi yang efektif.

Kompetisi ini akan terbagi dalam 2 kategori yang dapat diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi dan praktisi konstruksi di seluruh Indonesia. Dua kategori tersebut terbagi menjadi, K2R-R (Reguler) yang berbasis institusi dan K2R-P (Plus) berbasis individu. Masing-masing kategori tersebut memiliki ketentuan dan mekanisme yang berbeda.

Bagi seluruh Institusi Perguruan Tinggi, praktisi konstruksi, dan mahasiswa yang tertarik untuk berkompetisi serta mendapatkan pemahaman mendalam mengenai konsep Konstruksi Ramping dapat segera mendaftarkan diri dalam K2R Neo 1.0. Mengenai informasi lebih lanjut dan pendaftaran, dapat diakses melalui website resmi dari K2R Neo.


scan for download