LPM dan Kantor Berita USDI Berbagi Pengalaman dalam Workshop Pengembangan Website Universitas dengan Standar Webometrics

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Layanan dan Produksi Multimedia (LPM) dan Kantor Berita Unit Sumberdaya Informasi (USDI) ITB berbagi pengalaman dengan para peserta dalam sesi terakhir Workshop Pengembangan Website Universitas dengan Standar Webometrics. Narasumber LPM ialah Primus Pandumudita, sedangkan Kantor Berita diwakili oleh Alit Dewanto, Niken Prasasti, dan Kania Prita. Sesi tersebut berlangsung pada Jumat (14/08/09) bertempat di Ruang Comlabs ITB.
LPM dan Kantor Berita ialah bagian dari USDI yang bertugas untuk meng-update berita-berita di situs resmi ITB, www.itb.ac.id. LPM bergerak dalam bidang video berita, sedangkan Kantor Berita untuk berita tulisnya. Dalam presentasinya, Primus, diantaranya, menjelaskan tentang proses pembuatan sebuah video beserta perangkat pendukungnya. Pun, diterangkan pula sejarah dan perkembangan LPM hingga sekarang. LPM sendiri tidak hanya melakukan peng-updatean berita, namun juga memberikan pelayanan berupa 'video conference' dan 'in house production'.

Kantor Berita, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tim Reporter memulai presentasi dengan bahasan Cyberjournalism. Dalam menjalankan tugasnya, para reporter bekerja layaknya seperti wartawan pada umumnya, namun dibatasi hanya dalam lingkup ITB dan dengan media online. Kantor Berita juga menerangkan proses pembuatan berita dari proses peliputan, penulisan, submit berita, editing, dan output tampilan ke web. Kantor Berita mulai dirintis pada tahun 2003. Dalam menjalankan tugasnya, Kantor Berita diisi oleh tenaga mahasiswa yang memiliki kemampuan jurnalistik, dan integritas dalam membuat sebuah berita.

Pada akhir sesi, para peserta berkunjung ke kantor LPM untuk melihat secara langsung peralatan-peralatan produksi, beserta proses pembuatan video.

scan for download