Kantor Berita ITB Buka Pendaftaran ITB Journalist Apprentice 2012

Oleh Christanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Menjadi seorang jurnalis bukanlah mengenai rangkaian kata. Seorang jurnalis adalah pembawa fakta, penimba ilmu, dan pengalaman. Seorang jurnalis yang cerdas akan lahir dari program yang tentunya akan menambah pengetahuan mengenai jurnalistik, kepribadian diri, pengembangan diri hingga manajemen waktu.

ITB Journalist Apprentice 2012 adalah program untuk menyiapkan Online News Reporter handal di kalangan mahasiswa/i ITB yang ingin mencari pengalaman dalam dunia profesional. Program ini dilaksanakan oleh Kantor Berita ITB, yang merupakan unit pengelola konten berita di website ITB. Selama 3 bulan, para peserta program akan dipersiapkan secara matang untuk dikontrak secara resmi oleh Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB.

Fasilitas yang akan didapatkan selama program berlangsung:

  • Materi pelatihan baik di bidang jurnalistik, pengembangan diri, dan manajemen waktu selama tiga bulan training (Oktober - Desember 2012, tentatif).
  • Pengalaman langsung berinteraksi dengan berbagai elemen di ITB.
  • ID Card ITB Journalist Apprentice 2012.
  • Sertifikat bukti keikutsertaan program di akhir program.

Untuk bisa mengikuti program ini, para peserta akan disaring melalui program seleksi yang akan berlangsung pada bulan September 2012 ini. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar diantaranya harus berasal dari mahasiswa ITB angkatan 2010-2012 dengan IPK diatas 2,75 (khusus angkatan 2010-2011).

Selain itu, para peserta yang dapat mengikuti program ini setidak-tidaknya memiliki kemampuan dasar dan minat dalam bidang jurnalistik. Para peserta juga harus mampu bekerja dalam tim dan secara individual, serta memiliki rasa ingin tahu dan keinginan untuk berbagi kepada orang lain.

Pendaftaran seleksi ITB Journalist Apprentice 2012 dapat dilakukan secara online melalui: www.itb.ac.id/news/reporter

Batas akhir pendaftaran ITB Journalist Apprentice 2012 adalah Senin, 24 September 2012. Sementara itu peserta yang terpilih untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya akan diumumkan pada Rabu, 26 September 2012 di website www.itb.ac.id /news/reporter.



Info Session

Untuk memberikan informasi lengkap mengenai program ini, Kantor Berita ITB juga mengundang para mahasiswa untuk menghadiri Info Session Kantor Berita ITB. Acara tersebut akan diadakan pada Sabtu, 15 September 2012 pukul 09.00 WIB di Campus Center (CC) Barat ITB, Lantai 2.

Info Session akan diisi dengan pengenalan tentang Kantor Berita ITB serta penjelasan mengenai proses seleksi ITB Journalist Apprentice 2012. Pada acara ini peserta juga bisa berkenalan secara lebih dekat dengan tim Kantor Berita ITB yang merupakan mahasiswa ITB yang telah berkarir di Kantor Berita ITB. Acara Info Session akan diakhiri dengan on-spot recruitment bagi peserta yang tertarik untuk mendaftarkan diri di ITB Journalist Apprentice 2012.

Pendaftaran untuk mengikuti Info Session kali ini dengan cara mengirimkan SMS ke 085641172133 dengan format [NIM]-[nama], paling lambat Jumat, 14 September 2012.

Untuk informasi lengkap mengenai program ini, silahkan menghubungi:
Vernida Mufidah (Project Director): +6283822788118


scan for download