Kantor Berita ITB Gelar Info Session ITB Journalist Apprentice 2012

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Guna memberikan informasi seputar ITB Journalist Apprentice 2012, Kantor Berita USDI ITB menyelenggarakan Info Session pada Sabtu (15/09/12) di Campus Center Barat ITB. Info session diberikan untuk memberikan gambaran mengenai Kantor Berita ITB dan sistem penyeleksian ITB Journalist Apprentice 2012. Tidak hanya itu, perhelatan ini juga mengupas mengenai kehidupan jurnalis di Kantor Berita ITB.

Sesi pertama acara ini disampaikan oleh General Manager Kantor Berita ITB, Christanto (Sains dan Teknologi Farmasi 2009). Christanto menerangkan sistem Kantor Berita ITB kepada para peserta info session. "Kantor Berita merupakan kelompok kerja di bawah Unit Sumber Daya dan Informasi ITB yang memiliki tujuan untuk mengabarkan ekselensi ITB melalui pemberitaan," ujar Christanto.

Selanjutnya, Manajer Proyek Vernida Mufidah (Teknik Fisika 2009) menerangkan mengenai sistem perekrutan reporter Kantor Berita ITB. Rekrutmen yang dimulai dengan seleksi ini akan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan yang akan diberikan di ITB Journalist Apprentice 2012. Setelah dibekali kemampuan dari berbagai pelatihan, peserta terpilih berhak menjadi reporter Kantor Berita ITB.

Fathir Ramadhan (Teknik Industri 2008) menutup sesi info session dengan berbagi pengalamannya selama menjadi reporter. Fathir yang juga menjabat sebagai Manajer Internal dan Koordinator Berita Bahasa Inggris berbagi tips mengatur waktu antara berkuliah dan menjadi reporter sehingga bisa berprestasi di bidang akademik dan non-akademiknya.

Sekilas Kantor Berita ITB

Website ITB memegang peranan yang cukup penting dalam menyampaikan ekselensi ITB ke publik. Keunggulan ini antara lain ditampilkan dalam bentuk artikel-artikel yang memuat informasi kegiatan para sivitas akademika ITB. Tim reporter Kantor Berita ITB, berkoordinasi dengan pihak Humas ITB dan bertanggung jawab untuk memelihara agar artikel mengenai keunggulan ITB dapat ditampilkan di website ITB secara berkesinambungan.

Info session diakhiri dengan on-the-spot recruitment bagi peserta yang tertarik mengikuti ITB Journalist Apprentice 2012. Sementara itu pendaftaran program ini masih bisa dilakukan hingga Senin (24/09/12). Pendaftaran bisa dilakukan di http://itb.ac.id/news/reporter oleh seluruh mahasiswa ITB angkatan 2010, 2011, dan 2012 dari seluruh program studi.


scan for download