“ITB & FH-Erfurt Research Workshop”

Oleh

Editor -

Bandung, itb.ac.id – Rabu (14/3), bertempat di Aula Barat ITB, diselenggarakan “ITB & FH-Erfurt Research Workshop”. Acara ini akan berlangsung selama dua hari, sampai besok (15/3). Lokakarya ini mengedepankan kerjasama riset anatar industri dan universitas. Selain ditujukan untuk kalangan peneliti, dosen dan kalangan industri, acara ini juga ditujukan untuk mahasiswa. Di hari kedua, presentasi riset akan disajikan oleh kalangan mahasiswa baik dari ITB maupun dari FH-Erfurt.

FH-Erfurt adalah perguruan tinggi ilmu terapan di Jerman. Terselenggaranya acara ini sebenarnya bermula dari kunjungan dari Ketua Program Studi Informatika sebagi perwakilan ITB ke FH-Erfurt, Jerman, 2006 yang lalu. Pada tahun 2007 ini, FH-Erfruit mengadakan kunjungan balasan dalm bentuk eksekursi ke ITB. Himpunan Mahaiswa Infomatika (HMIF) ditunjuk menjadi penyelenggaranya.

Untuk hari pertama ini, ada empat pembicara yang berbagi informasi. Pembicara pertama adalah Dr.Ir.Armein Z. R. Langi dari Pusat Penelitian Teknologi Informasi Komputer ITB. Kemudian ada Dr. Grimm, professor di FH-Erfurt yang membawakan presentai mengenai ilmu komputer. Pembicara ketiga dan keempat tampil setelah makan siang. Dr. IG Kesawa Narayama dari Fraunhofer membawakan presentsi mengenai sinergisasi Pendidikan, Riset da Industri. Terakhir, Dr.Ir. Taufik Hasan dari RisTI Telkom, membawakan presentasi mengenai kerjasama antara riset dan univertas dalam dunia industri telekomunikasi. Di akhir acara, diadakan talkshow antara perwakilan dari STEI ITB, FH-Erfurt dan para pembicara.

Walau tidak terlalu ramai, namun secara keseluruhan acara berlangsung lancar. Untuk acara hari kedua, akan lebih banyak sharing dan diskusi mengenai riset dan teknologi. Ssarannya sendiri diutamakan mahasiswa. Diharapkan acara ini dapat memicu insane academica ITB untuk lebih giat melakukan riset dan penelitian berbasis teknologi dan mempererat kerjasama antara ITB dan FH-Erfurt..

scan for download