ICEpodcast Vol.1: Bahas Penguatan Layanan Perguruan Tinggi Melalui Layanan Pendidikan Kompetensi dan Program Profesi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id – Direktorat Pendidikan Non Reguler (Ditdik NR) ITB menghadirkan ICEpodcast sebagai kanal baru. ICEpodcast Vol.1 yang diluncurkan pada Selasa (12/9/2023) ini, bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat melalui knowledge sharing bersama narasumber yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Pada agenda tersebut, topik yang dibahas adalah "Penguatan Layanan Perguruan Tinggi Melalui Layanan Pendidikan Kompetensi dan Program Profesi". Podcast ini disiarkan melalui Metropolitan Knowledge Center, ITB Kampus Cirebon.

Sementara itu, narasumber yang hadir pada acara adalah Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., yang merupakan Guru Besar Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB, Rektor ITB (2005-2010), serta Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2010-2014). Podcast ini dipandu oleh dosen Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB, Dr. Miming Miharja, S.T., M.Sc.Eng.

ICEpodcast Vol.1 ini memberikan wawasan tentang peran pendidikan tinggi dalam menghadapi perkembangan zaman yang cepat. Prof. Djoko menggambarkan bagaimana perguruan tinggi dapat menjadi pemimpin dalam memajukan teknologi dan inovasi, serta mengatasi berbagai tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Beliau menekankan pentingnya terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama dalam era masyarakat 5.0.

Tak hanya itu, Prof. Djoko membahas perubahan fundamental dalam dunia pendidikan tinggi, khususnya di bidang teknik dan ilmu pengetahuan. Dia mencatat bahwa perubahan teknologi, terutama dalam penggunaan perangkat lunak dan komputer, telah mengubah cara ilmu diterapkan dan diajarkan

Beliau juga berbicara tentang pentingnya pendidikan berkelanjutan dan program profesi di perguruan tinggi. Dalam konteks ini, kursus singkat dan sertifikat memiliki peran yang signifikan untuk memastikan lulusan perguruan tinggi memiliki keterampilan yang relevan dengan dunia kerja.

"Mengapa pendidikan tinggi sangat penting? Karena apa yang kita didik sekelompok manusia yang kecerdasannya mencukupi. Sehingga dia bisa mencapai tingkat pendidikan yang khusus," ujarnya.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download