Dua Malam Berkesan Masa Karantina Pemilihan Duta Kampus ITB 2023: Malam Bakat dan Malam Keakraban

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

Kegiatan finalis Duta Kampus ITB di tahap karantina yang diselenggarakan di House Sangkuriang Hotel, Bandung.

BANDUNG, itb.ac.id – Tahap karantina Pemilihan Duta Kampus ITB 2023 berlangsung selama tiga hari, yaitu pada tanggal 1-4 Juni 2023 yang bertempat di House Sangkuriang Hotel, Bandung, Jawa Barat. Tak hanya mendapatkan pembekalan materi, para finalis juga merasakan keseruan yang berkesan terutama pada saat Malam Bakat dan Malam Keakraban.

Pada malam pertama, Kamis (1/6/2023), dilakukan unjuk bakat para finalis. Sebanyak total 28 finalis secara bergantian menampilkan bakatnya. Mereka berusaha memberikan penampilan yang terbaik. Tampak dari kostum yang digunakan, properti yang dibawa dan tentunya dalam proses latihan yang dilakukan.

Beberapa bakat yang ditampilkan antara lain menyanyi, memainkan alat musik, musikalisasi puisi, drama, pidato, narasi dengan multibahasa, menari tarian tradisional hingga tarian modern. Penampilan ini dinilai oleh juri menjadi salah satu komponen penilaian pada seleksi Pemilihan Duta Kampus ITB 2023. Duta Kampus ITB 2022 sebagai Duta Angkatan Pertama pun hadir pada malam bakat ini.

Memasuki malam kedua, Jumat (2/6/2023), terdapat malam keakraban berupa sesi sharing. Duta Kampus ITB 2022 kembali hadir mengisi sesi ini. Pertama, sharing dilakukan Tim Manager Duta Kampus ITB 2022, yang terdiri dari Muhammad Arif Mappe Amir, Farida Rosyadi, dan Aura Vitra Dennisa Antoni. Mereka bertiga memaparkan Materi Duta Kampus, mulai dari sejarah terbentuknya Duta Kampus ITB hingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Duta Kampus ITB 2022.

Sesi sharing kedua diisi oleh Duta Kampus ITB 2022. Para finalis Duta Kampus ITB 2023 dibagi ke dalam empat grup dan di setiap grup tersebut terdapat 2-3 orang Duta Kampus ITB 2022. Pada forum tersebut, para finalis bisa bertanya dan mendengarkan cerita dari para duta pendahulu mereka.

Di akhir sesi malam keakraban, Duta Kampus ITB 2022 dan 2023 melakukan games bersama. Keseruan pada kedua malam ini cukup berkesan menjelang malam puncak yang akan dilakukan keesokan harinya.

Salah satu Duta Kampus ITB 2022, Farah, memberikan semangat kepada para finalis.

“Semangat dan sukses buat teman-teman yang akan menjalani malam puncak besok,” ujar Farah.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)


scan for download