Mengintip Bekal Materi Para Finalis Duta Kampus ITB 2023 Pada Masa Karantina

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

Kegiatan Duta Kampus ITB 2023 saat masa karantina

BANDUNG, itb.ac.id – Malam Puncak Pemilihan Duta Kampus ITB 2023 telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (4/6/2023) di House Sangkuriang Hotel, Bandung. Dalam penganugerahan ini terpilih 14 duta dari sebelumnya 28 finalis duta.

Masa karantina Pemilihan Duta Kampus ITB 2023 diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 1 hingga 4 Juni 2023. Melalui karantina ini, para finalis mendapatkan materi dan pelatihan sebagai bekal pada saat malam puncak hingga ketika menjadi duta nantinya.

Pada karantina hari pertama, terdapat tiga materi yang diberikan, yaitu:
1) Public Speaking and How to Improve Them dengan pemateri Fauzi Noerwenda (Public Speaking Trainer & Professional Master of Ceremony).
2) Attitude & Personality as Campus Ambassador dengan pemateri Sindy Setiawati (Founder Jabar Bergerak Zillenial).
3) Logical Fallacy dan Cara Memilah Informasi dengan Berpikir Kritis dengan pemateri Eko Nugroho (CEO of Kummara Group).
Memasuki hari kedua, para finalis dibekali dengan dua materi sebagai berikut;
4) Consequences of the Application of Adaptive, Integrity, Humble and its influence on Personal Charm oleh Prof. Dr. M. Salman A.N., S.Si., M.Si., guru besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB sekaligus pencetus nilai AIR-ITB.
5) Catwalk Class & Stage Presence oleh Rani Rahmawati Siti Aisyah.

Acara ini berlangsung dari pagi hingga sore hari di tiap harinya. Dalam sesi materi pun diselingi oleh coffee break dan istirahat. Para finalis dituntut untuk tetap fokus dan aktif selama masa karantina, termasuk pada saat tanya jawab hingga praktik langsung pada beberapa materi. Sebut saja melakukan ad-libbing technique pada materi pertama, games based learning pada materi ketiga serta praktik berpose dan catwalk pada materi kelima.

Dalam kesempatan ini, Sindy memberikan pesan kepada para finalis untuk menggunakan materi yang didapatkan di agenda karantina tersebut sebaik-baiknya. “Gunakan terus materi yang telah kalian pelajari bukan hanya untuk ajang Pemilihan Duta Kampus ITB ini saja, tapi juga untuk ajang lain yang bisa kalian ikuti,” kata Sindy.

Sementara itu, Annisa, salah satu finalis dari minat Duta Inspiratif mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti masa karantina ini. “Kegiatannya sangat seru. Materi yang disampaikan benar-benar bermanfaat,” ujar Annisa.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download