Mengenal Duta Kampus ITB Lewat Siaran RRI Bandung

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi narasumber pada siaran radio RRI Bandung. Duta yang hadir di antaranya Raja Parmonang Manurung (Teknik Pertambangan, 2021) dan Zahrah Faridathul Athifah (Rekayasa Kehutanan, 2021) sebagai Duta Sustainability 2022, serta Bihurin Salsabila Firdaus (Sistem Teknologi Informasi, 2022) sebagai Duta Multikampus 2023. Manager Duta Kampus ITB 2022, Muh. Arif Mappe Amir (Arsitektur, 2016) juga turut hadir mengisi siaran.

Siaran ini berjudul “Sore Ceria – Duta Kampus ITB, Asah Potensi Diri”. Disiarkan langsung pada Selasa (20/6/2023) pukul 16.00 s.d 16.30 WIB melalui Radio 96.0 FM, Live Streaming Youtube RRI Bandung, dan Livestreaming Instagram @dutakampusitb.

Dimoderatori oleh Winda (Presenter RRI Bandung), siaran dibuka dengan perkenalan Duta Kampus ITB sebagai program ITB yang baru dibentuk pada tahun 2022. Arif menjelaskan sejarah terbentuknya Duta Kampus ITB. “Pada 2022 lalu, ada mitra dari ITB yang ingin mencari Brand Ambassador untuk produknya, targetnya mahasiswa ITB. Kami melihat ada peluang untuk memperbesar program ini, sehingga ada Duta Kemahasiswaan. Dari situ, aku menyarankan untuk sekalian dibuat Duta Kampus ITB yang melingkupi satu kampus, tidak hanya kemahasiswaan.”

Seleksi Pemilihan Duta Kampus ITB terdiri dari enam tahapan: seleksi berkas, tes tulis, wawancara, campaign challenge, karantina, dan malam puncak. “Di malam puncak ada uji publik dan penganugerahaan,” ujar Bihurin.

Lebih lanjut, Zahrah mengungkapkan malam puncak merupakan momen berkesan karena calon duta diuji mulai dari penampilan, catwalk, menjawab pertanyaan, di mana semua itu disaksikan oleh para petinggi ITB, mitra, dan tamu undangan.

Berikutnya, dijabarkan pula kegiatan yang dilakukan sebagai duta. Program internal yang diselenggarakan oleh Duta Kampus 2022 salah satunya International Student Day. Raja menyebutkan panitia kegiatan tersebut yaitu 12 orang Duta Kampus ITB 2022 dengan mengundang 250 mahasiswa internasional ITB.


“Kalau program untuk Duta Sustainability, ada Sustainability Development Program oleh Badan Perencanaan Nasional (Bappenas),” tambah Zahrah. Melalui program tersebut, Raja dan Zahrah terpilih sebagai Duta Kampus SDGs Indonesia Kategori Sosialisasi Tahun 2022-2024.

Sementara itu, secara umum Duta Kampus ITB juga bertugas menjadi MC dan moderator pada acara-acara di ITB. Di akhir siaran, para narasumber menyambut calon mahasiswa baru ITB karena saat itu bertepatan dengan Pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. “Selamat datang di ITB. Ditunggu di bulan Agustus bersama teman-teman Duta Kampus ITB, khususnya untuk mahasiswa baru,” tutup Winda.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota. 2019)


scan for download