Sebanyak 28 Finalis Duta Kampus ITB 2023 Siap Perebutkan 7 Minat Duta

Oleh Adi Permana

Editor -


BANDUNG, itb.ac.id – Duta Kampus ITB sebagai figur representatif mahasiswa melakukan regenerasi melalui kegiatan Pemilihan Duta Kampus ITB 2023. Menuju malam puncak penganugerahan duta kampus, Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB menggelar konferensi pers di Auditorium IPTEKS CC Timur ITB pada Rabu (31/5/2023). Konferensi pers tersebut menghadirkan Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Des., Ph.D., selaku Penanggung Jawab Kegiatan Pemilihan Duta Kampus ITB 2023 dan Nadhifa Azka Aulia (IL’20) selaku Ketua Pelaksana. Konferensi pers ini juga mengundang beberapa media partner.

Mengawali pemaparannya, Hafiz Aziz Ahmad menjelaskan latar belakang Duta Kampus ITB. Menurutnya, perlu ada figur representatif yang mewakili mahasiswa ITB. “Perlu sosok duta yang memberikan perwakilan terhadap karakter mahasiswa ITB, baik secara internal maupun eksternal,” ujarnya.

Selanjutnya, Nadhifa Azka menjelaskan berbagai rangkaian seleksi yang sudah dilalui oleh para Finalis Duta Kampus ITB 2023. Dari 86 peserta yang sudah mengikuti seleksi berkas, kini hanya tersisa 28 finalis yang akan berebut ‘tiket’ menjadi Duta Kampus ITB 2023. Para finalis sudah melalui berbagai tahap seperti seleksi berkas, Seleksi Computer-Based Test, serta wawancara dan campaign challenge. Selanjutnya peserta akan mengikuti tahap karantina dan malam puncak penganugerahan Duta Kampus ITB 2023.

Terdapat 7 minat duta yang diperebutkan tahun ini. Ketujuh kategori tersebut terdiri dari Duta Multikampus, Duta Intelegensia, Duta Persahabatan dan Well-Being, Duta Wirausaha, Duta Literasi, Duta Inspiratif, dan Duta Antar Bangsa. Terdapat beberapa perbedaan minat duta jika dibandingkan tahun lalu seperti Duta Inspiratif dan Duta Multikampus.

Terkait hal tersebut, Nadhifa Azka, selaku Ketua Pelaksana angkat bicara. Nadhifa menjelaskan bahwa perubahan nama minat tersebut dilakukan agar sesuai dengan visi misi ITB. “Perubahan nama disebabkan karena tidak ada keterikatan dengan mitra dan disusun berdasarkan visi misi ITB,” ujarnya. Misalkan seperti Duta Multikampus yang dibutuhkan agar terdapat figur mahasiswa yang paham terkait konsep multikampus di ITB.

Setahun Duta Kampus ITB, banyak hal yang sudah dilakukan oleh para duta baik secara internal maupun eksternal. Untuk kegiatan eksternal, duta wirausaha pernah terlibat dalam pertemuan antar startup yang dilakukan di Jakarta beberapa waktu lalu. Sedangkan secara internal, beberapa unit di kampus membutuhkan duta kampus sebagai master of ceremony, dsb. “Saat ini, hampir segala macam unit yang ada di kampus melibatkan duta dan sekaligus menjawab peran dari duta kampus sebagai sampul kampus ITB,” ujar Arif Mappe, selaku manajer Duta Kampus ITB.

Tahap karantina akan dimulai pada Kamis (1/6/2023) dan dilanjutkan malam puncak pada hari Sabtu (3/6/2023). Terdapat banyak pertimbangan yang dilakukan dalam pemilihan duta ini sehingga nantinya didapat role model yang pantas untuk mewakili ITB. “Yang diharapkan dari duta ini tidak hanya dari sisi intelegensia, tapi mereka juga bisa punya tata krama yang baik,” ujar Hafiz menutup konferensi pers.

Reporter: Kevin Agriva Ginting, GD’20


scan for download