Pelantikan dan Serah Terima Jabatan TPKK Ditmawa ITB 2024: Membangun Sinergi Melalui Kegiatan Kemahasiswaan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Tim Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan (TPKK) Direktorat Kemahasiswaan ITB 2024, di Multipurpose Hall, Gedung CRCS Lantai 3, ITB Kampus Ganesha, Kamis (1/2/2024).

Direktur Direktorat Kemahasiswaan ITB, Dr. G. Prasetyo Adhitama, S.Sn., M.Sn., dalam sambutannya mengatakan pentingnya peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi dan kebutuhan industri yang dinamis. Selain itu, diperlukan sinergi antarelemen dalam mencapai hasil terbaik.

Direktorat Kemahasiswaan ITB telah menjalankan lebih dari 1.000 kegiatan kemahasiswaan setiap tahunnya, baik skala kecil maupun besar. Untuk melaksanakan agenda besar dengan baik, maka dibentuk Tim Pendamping Kegiatan Kemahasiswaan (TPKK) Ditmawa ITB.

Dr. G. Prasetyo juga menjelaskan bahwa Tim Mahasiswa Ditmawa ITB ditugaskan untuk dapat melaksanakan rangkaian tahapan penerapan Nilai-nilai Pengembangan Karakter ITB, mulai dari:

1. Tahap Pengenalan di program Character Development Training (CDT) dan program Pembinaan Asrama Multikampus yang dikelola oleh Tim Tutor Asrama ITB;

2. Tahap Pembiasaan melalui program dan kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Duta Kampus ITB (DKI), Ganesha Award atau In Harmonia Fest (IHF), Forum Mahasiswa KIP-Kuliah (FMK), dan Kegiatan Kewirausahaan;

3. Tahap Monitoring melalui program Psychological First Aid (PFA) dan Pendamping Sebaya, dan

4. Tahap Akhir melalui program Profesi dan Kewirausahaan diikuti dengan Tracer Study dan User Survey.

   

“Dukungan kerja sama seluruh elemen/stakeholder di ITB dibutuhkan dalam pemenuhan tugas dan tanggung jawab Tim Duta Ditmawa ITB. Oleh sebab itu, dukungan dan kerja sama UKA dan UKP di lingkungan ITB sangat kami butuhkan,” ujar beliau.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring, M.Eng., menekankan pentingnya regenerasi dan seremonial pelantikan dalam memperkuat ikatan antaranggota serta memotivasi anggota baru untuk berpartisipasi aktif dalam mencapai tujuan organisasi.

   

Prof. Jaka Sembiring pun menekankan komitmen ITB dalam mengembangkan karakter mahasiswa melalui program AIR ITB (Adaptif, Integritas, Rendah hati, Inisiator kebaikan, Tangguh berjuang, dan Berprestasi diridai Tuhan) serta menyampaikan agenda pengembangan ITB sebagai universitas yang dihormati secara global dan relevan secara lokal.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan resmi TPKK 2024 oleh Prof. Jaka Sembiring yang terdiri atas berbagai tim, yakni:

• Tim Quality Control;
• Tim Tutor Asrama Multikampus;
• Tim Forum Mahasiswa KIP-K;
• Tim Kuliah Kerja Nyata;
• Tim Pendamping Sebaya;
• Tim Duta Kampus ITB;
• Tim Character Development Training;
• Tim Latihan Kepemimpinan Mahasiswa; dan
• Tim In Harmonia Festival.

   

Selanjutnya, dilakukan pembacaan ikrar oleh Dr. G. Prasetyo yang menandai kesungguhan seluruh TPKK 2024 dalam melaksanakan tugasnya. Sebagai bentuk apresiasi, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Tim Duta Ditmawa ITB 2023 sebagai pengakuan atas kontribusi dan capaian dalam pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan untuk periode 2022/2023.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download