ITB Fair 2012: Apresiasi Karya Mahasiswa Lewat Malam Penganugrahan Proficio Awards

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Untuk lebih mendorong semangat berkarya di kalangan mahasiswa ITB, maka ITB Fair 2012 mengadakan sebuah ajang apresiasi karya keprofesian yang bernama Proficio Awards. Ada lima kategori yang akan diapresiasi pada Proficio Awards kali ini, yaitu Best Applicative, Best Innovative Idea, Best Collaboration, Best Design, dan Best Community Service. Acara ini diadakan pada Jumat (03/02/12) di Aula Barat ITB.

Pendaftaran karya yang akan diapresiasi telah dibuka sejak bulan Desember lalu. Berbagai karya yang telah mendaftar telah melewati beberapa proses seleksi sebelum akhirnya masuk ke dalam nominasi empat besar yang akhirnya dipresentasikan di depan dewan juri. Menurut Fabian Ditya (Teknik Tenaga Listrik 2010) ketua Proficio Award 2012, Proficio Award tahun ini mengundang Business Innovation Center (BIC) serta Kementrian Riset dan Teknologi Republik Indonesia untuk melakukan penilaian terhadap berbagai karya yang masuk.

Salah satu karya yang dilombakan pada acara ini adalah rancangan prototype ITB-SAT yang merupakan satelit pertama buatan mahasiswa. Prototype ITB-SAT ini didaftarkan pada kategori Best Collaboration yang merupakan karya kerja sama dari mahasiswa Teknik Elektro, Aeronotika dan Astronotika, serta Teknik Fisika. Selain itu juga ada karya dari Tim Cikal Nusantara ITB dengan karya berupa mobil irit BBM yang juga didaftarkan pada kategori yang sama.

Karya lainnya adalah membran keramik berbasis silika dan karbon aktif untuk pemurnian air yang merupakan karya dari mahasiswa Teknik Fisika ITB yang didaftarkan pada kategori Best Applicative. Karya ini merupakan sebuah alat untuk memurnikan air yang sekarang sedang dikembangan agar air tersebut layak minum.

Tingkatkan Hasrat untuk Berkarya

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, telah didapatkan pemenang untuk masing-masing kategori yang dilombakan. Penghargaan untuk kategori Best Applicative didapatkan oleh Himpunan Mahasiswa Fisika Teknik (HMFT) dengan karyanya yang bernama "Membran keramik berbasis silika dan karbon aktif untuk pemurnian ". Untuk kategori Best Innovative Idea dimenangkan oleh Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB dengan karya yang bernama, "Apal! Guidance Tools".

Kategori Best Design dimenangkan oleh Himpunan Desain Produk ITB dengan karyanya "Balashark, Multi Purpose Vehicle". Untuk kategori Best Collaboration dimenangkan oleh Tim Cikal Nusantara ITB dengan karyanya yang berupa mobil irit BBM. Sedangkan untuk kategori Best Community Service dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dengan karya "Desa Mitra HMTL". Selain itu HMTL juga memenangkan penghargaan sebagai Juara Umum pada Proficio Award kali ini.

"Ada banyak sekali karya menarik yang telah masuk pada kompetisi ini, saya berharap lewat malam penganugrahan kali ini, kita bisa meningkatkan hasrat mahasiswa untuk terus berkarya," ujar Fabian.

[edobelva]


scan for download