ITB Fair 2012: Panser Anoa dan N219 Turut Ramaikan Jalan Ganesha

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ada yang berbeda dari Jalan Ganesha pada Sabtu dan Minggu (04-05/02/12). Jika biasanya banyak mobil yang terparkir atau banyak andong yang menunggu penumpang, kali ini yang terparkir adalah panser dan pesawat terbang. Panser dan pesawat ini 'berkunjung' ke ITB dalam rangka memeriahkan ITB Fair 2012 (03-05/02/12).

Beberapa pengunjung terlihat berada di sekitar panser Anoa buatan PT Pindad ini untuk sekedar berfoto. Ada pula yang memanfaatkan kesempatan ini untuk mencoba menaiki panser baik di kabin belakang maupun langsung di kokpit utama. Selain memamerkan panser, PT Pindad juga membuka stand di lapangan Campus Center Barat yang memamerkan persenjataan infantri seperti senapan serbu SS1 dan SS2 yang menjadi senjata standar TNI dan miniatur panser serta peluru produksi PT Pindad.

Selain panser, dipamerkan pula prototipe dari pesawat terbang N219 buatan PT Dirgantara Indonesia. Pada prototipe ini ditampilkan sebagian kabin serta kokpit pesawat. Pesawat ini didesain sehingga mampu untuk mengangkut 19 orang serta melayani penerbangan perintis untuk melayani daerah-daerah terpencil. Selain itu, pesawat ini juga memiliki jarak lepas landas dan mendarat yang pendek, sehingga cocok untuk dipergunakan di bandara terpencil di Indonesia yang tidak memiliki lahan yang luas.

Selain panser dan pesawat terbang, ITB Fair 2012 juga menampilkan berbagai karya dari mahasiswa berikut pula wahana-wahana menarik dan wisata kuliner. Selain itu ada pula stand dari berbagai perusahaan dan BUMN.

[ariawicaksa]


scan for download