Electrical Engineering Awards (EEA) 2009 : Lima Tim ITB Menjadi Finalis

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB berhasil menempatkan lima wakilnya sebagai finalis dalam Electrical Engineering Awards (EEA) 2009 yang berlangsung di Aula Barat ITB pada Senin (14/12/09) hingga Selasa (15/12/09). Dua tim untuk kategori Renewable and Optimization Energy, dua tim untuk kategori Electronics Entertainment for Culture Development, dan satu tim mewakili kategori Communications.
Tim Critical Path menjadi satu-satunya wakil ITB dalam kategori Communications. Berlatar belakang dengan akan diberlakukannya standar penyiaran dengan DVB-T di Indonesia (sesuai dengan Keputusan Menteri Depkominfo : 07/P/M.KOMINFO/3/2007-red). Tim yang diketuai Ridwan Aldilah ini mempresentasikan tentang karya yang berjudul Penggunaan Teknologi Telekomunikasi Digital Video Brodcasting untuk Pemilu Indonesia.

"Butuh sosialisasi dan pencerdasan lebih kepada semua lapisan masyarakat untuk membantu dalam merealisasikan karya ini." ungkap Ridwan saat mempresentasikan karyanya di depan para juri, Senin (14/12/09). Juri kategori ini sendiri terdiri dari Agung Harsoyo (Dosen Elektro ITB, Ketua Laboratorium Sistem Kendali dan Komputer ITB), Iwan Krisnadi (Anggota Badan Regulasi Telekomuniaksi Indonesia), dan Herdy Harman (Vice President Regulatory Management PT. Telekomunikasi Indonesia).

Tahap final EEA 2009 ini terdiri dari acara penjurian untuk memilih tiga karya terbaik dari masing-masing kategori. Penjurian berlangsung selama dua hari dan dilaksanakan dengan metode presentasi di hadapan dewan juri.
 
Pengumuman pemenang Electrical Engineering Awards 2009 akan diadakan pada acara Malam Penganugrahan Award yang akan dilaksanakan di Aula Barat pada Kamis (17/12/09) dalam bentuk Gala Dinner.

Selain itu, terdapat pula live performance dari beberapa unit kesenian tradisional ITB dengan tujuan mengingatkan kembali para peserta bahwa cipta karya teknologi yang telah mereka hasilkan semestinya dikembangkan untuk bangsa Indonesia, dimanfaatkan untuk perkembangan dunia elektroteknik Indonesia.
 
Electrical Engineering Awards 2009 bertujuan untuk menumbuhkan semangat untuk berkarya secara kreatif dalam rangka memberi sumbangsih kepada dunia elektroteknik di Indonesia dengan cara menciptakan alat, sistem atau simulasi yang inovatif dalam wujud yang nyata. [Reporter: Nofri Andis, Writer: Leonard Hendrawan].

scan for download