Berita / Utama

Delegasi ITB Menangkan Medali Perunggu pada Engineering Education Festa 2014 di Korea Selatan

Akbar Syahid Rabbani - Kamis, 4 Desember 2014, 20:22:40
BANDUNG, itb.ac.id - Pada tahun 2014 ini, ITB memberangkatkan dua tim untuk mengikuti kegiatan Engineering Education Festa 2014 (E2 Festa 2014). Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis-Jumat (27-28/11/14) bertempat di Kintex Exhibition Center, Ilsan, Korea Selatan. Dalam kegiatan ini, Delegasi ITB disertakan dalam International Session yang diikuti oleh 29 tim dari berbagai negara yaitu Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, dan Hongkong.
E2 Festa 2014 merupakan ajang kompetisi tahunan hasil Program Capstone Design yang dilakukan oleh masing-masing tim. Dua tim yang dikirimkan ke acara ini adalah Global Team 1 beranggotakan tiga mahasiswa FTMD ditambah dengan dua mahasiswi Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Tim Orion dengan anggota satu mahasiswi Program Studi Desain Produk dan satu mahasiswa Program Studi Teknik Kelautan ditambah dengan tiga mahasiswa dari Chonbuk National University (CBNU). Global Team 1 merupakan pemenang utama (grand prize) kegiatan IS-CAPS 2014 yang diadakan oleh ITB, UKM dan CBNU, sedangkan Tim Orion merupakan pemenang kategori perak (silver prize). Sebagai penghargaan, kedua tim diundang untuk mengikuti E2 Festa 2014.

Selain melakukan eksibisi, kedua tim juga mengikuti kegiatan kompetisi di antara peserta kelompok internasional. Kompetisi ini melibatkan 29 produk hasil capstone design project yang berasal dari 14 perguruan tinggi di luar Korea Selatan dan 4 perguruan tinggi dalam negeri Korea Selatan. Aspek penilaian pada kompetisi ini secara garis besar adalah kreativitas, rancangan dan hasil rancangan, serta presentasi dan poster. Berdasarkan hasil penjurian, Global Team 1 berhasil memperoleh penghargaan bronze dengan judul projek Portable Human Powered Reverse Osmosis. Untuk penghargaan silver diberikan kepada Fightin' Engineers Team yang berasal dari Rose-Hulman Institute of Technology, USA dengan judul projek 3-D Imaging System for Tracking Mechanical Deformation. Untuk penghargaan tertinggi yaitu penghargaan gold diberikan kepada Ambi Team yang berasal dari Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong denga judul projek Sally, Multi-purpose Micro Swarm Robotic System.