ITB Kembali Peroleh Gelar Juara Umum dalam ONMIPA 2015

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kontingen ITB kembali meraih gelar juara umum pada ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT). ONMIPA-PT merupakan olimpiade tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) sebagai ajang promosi daya tarik di bidang studi biologi, matematika, fisika, dan kimia bagi masyarakat. Pada tahun 2015 ini, ONMIPA-PT yang dilaksanakan di Surabaya pada Minggu-Kamis (24-28/05/2015) diikuti oleh 81 perguruan tinggi di Indonesia dengan total peserta sebanyak 255 mahasiswa.

Peraih Medali pada ONMIPA 2015

Pada ONMIPA-PT tahun ini, ITB berhasil meraih 7 medali emas, 8 medali perak, 5 medali perunggu, dan 2 honorable mention. Untuk bidang matematika, medali emas diraih oleh Muhammad Al Kahfi (FMIPA 2014) sebagai pemenang absolut dan Afif Humam (Matematika 2011), medali perak diraih oleh Brilly Maxel Salindeho (Matematika 2011) dan Galih Pradananta (Matematika 2012) , serta medali perunggu diraih oleh Yusuf Hafidh (Matematika 2013). Di bidang fisika, medali emas diraih oleh Werdi Wedana Gunawan (Teknik Fisika 2013) sebagai pemenang absolut, Muahmmad Syamsul Arifin (Teknik Fisika 2013)  , dan Bagus Dewangga (Teknik Fisika 2012), sedangkan medali perak diraih oleh Ramadhiansyah (Fisika 2013), Trendy Prima Wijaya (FTI 2014), dan Bintang Alam Semesta.

Pada bidang Kimia, medali emas diraih oleh Ivan Kurniawan (Kimia 2013), medali perak diraih oleh Muhammad Ghifari Ridwan (Teknik Perminyakan 2013)  dan Muhsin Ali Hadi (Kimia 2011), medali perunggu diraih oleh Muhammad Faqih Alwi (Teknik Kimia 2013), Muhammad Farras Wibisono (Teknik Kimia 2012), dan Wahyu Orphan Kuswantoro (FMIPA 2014), serta honorable mention diraih oleh Alfino Rahel (FTI 2014). Sementara itu pada bidang Biologi, medali emas diraih oleh Muhammad Fauzi Ramadhani Nasution (Mikrobiologi 2012) sebagai pemenang absolut, medali perak diraih oleh Tirta Widi Gilang Citradi (Mikrobiologi 2012), medali perunggu diraih oleh Fania Feby Ramadhani (Biologi 2013), dan honorable mention diraih oleh Khoirunnisa Istiqomah (Biologi 2013).

Ini adalah bukti konsistensi ITB dalam menjaga gelar juara umum di ajang ONMIPA-PT serta mengungguli UGM, UI, ITS, dan perguruan tinggi lainnya. Nantinya, juara-juara di ONMIPA ini akan maju ke tingkat internasional. Salah satu yang menjadi sorotan di kemenangan ITB kali ini adalah sosok Muhammad Al Kahfi yang masih merupakan mahasiswa tingkat pertama dan meraih gelar pemenang absolut atau peringkat pertama di bidang matematika, mengalahkan senior-seniornya.

"Yang membedakan kita sama universitas lain adalah kekompakan kita. Kita masing-masing saling mendukung teman-teman se-ITB lainnya tanpa menganggap mereka musuh," tutur Kahfi ketika ditanya perbedaan ITB dengan universitas lain di ONMIPA-PT tahun ini.


scan for download