ITB Raih Posisi Juara Umum ON MIPA-PT 2016

Oleh Cintya Nursyifa

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Prestasi seakan tidak hentinya diraih oleh mahasiswa-mahasiswa ITB. Level nasional kini berhasil menjadi ruang inkubasi bagi penghargaan yang diterima ITB yaitu, Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) 2016. Kegiatan kali ini pun diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Dalam kesempatan ini ITB berhasil meloloskan 26 mahasiswa untuk mengikuti seleksi tingkat nasional ON MIPA-PT 2016. Setelah melalui perjuangan panjang, ITB akhirnya memperoleh 3 medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, dan 5 gelar Honorable Mention. Perolehan medali ini mengungguli perolehan medali perguruan tinggi lainnya di Indonesia. Tahun ini, ITB kembali menjadi peraih medali terbanyak dalam ajang ON MIPA-PT.

Menyambut ON MIPA-PT 2016, sejak akhir Januari 2016 lalu, perguruan tinggi di seluruh Indonesia mmpersiapkan mahasiswa-mahasiswa terbaik mereka ke ajang kompetisi nasional ini. Olimpiade yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2009 ini diselenggarakan dalam tiga tahapan seleksi. Seleksi tahap I dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi untuk memilih tujuh mahasiswa terbaiknya dari bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Selanjutnya seleksi tahap II, merupakan seleksi tingkat wilayah yang diselenggarakan di 14 wilayah Kopertis di Indonesia. Seleksi tahap III sebgai seleksi tahap terakhir (Tingkat Nasional) diselenggarakan pada hari Senin-Kamis (23-26/05/16) di Hotel Kartika Chandra, Jakarta. Distribusi penghargaan yang diraih di bidang matematika terdiri dari medali emas yang diraih oleh Yusuf Hafidh (Matematika 2013), Medali Perak: oleh Galih Pradananda (Matematika 2012), dan Dewita

Sonya Tarabunga (STEI 2015). Perolehan medali perunggu dikumpulkan oleh Aholiab Tegar Tritama (Matematika 2013), dan Poetri Sonya Tarabunga (FTI 2015). Selain itu, di bidang fisika, medali emas berhasil direbut oleh Atrian Rahadi (FTTM 2015), kemudian medali perak oleh Ramadhiansyah (Fisika 2013), dan medali perunggu oleh Darius Chandra (Fisika 2014), M. Rizki H. (Teknik Mesin 2014), dan Trendy Prima Wijaya (Teknik Fisika 2014). ITB mendapatkan pula posisi Honorable Mention di bidang ini atas perjuangan Rizqi Fadli (Fisika 2014) dan Daniel Sanjaya (Teknik Fisika 2012). Selanjutnya, di bidang Kimia, penghargaan yang diraih meliputi medali emas dari Kelvin Johan (FTI 2015), medali perak oleh Alfino Rahel (Teknik Kimia 2014) dan Eko Setio Wibowo (Kimia 2012), serta medali perunggu dari Zulfa Hilmi Kautsar (FMIPA 2015). Bidang ini pun memberika gelar Honorable Mention bagi M. Faqih Alwi (Teknik Kimia 2013) dan M. Ghifari Ridwan (Teknik Perminyakan). Di samping itu, bidang biologi memberikan kontribusi raihan medali perunggu dari Chusna Amalia (Mikrobiologi 2014) dan gelar Honorable Mention bagi Fania Feby Ramadhani (Biologi 2013).


Referensi: https://www.facebook.com/institutteknologibandung/


scan for download