Tingkatkan Motivasi Siswa Melalui 'ITB Day'

Oleh Luh Komang Wijayanti Kusumastuti

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangkaian kegiatan Aku Masuk ITB (AMI), dilaksanakan ITB Day yang terdiri dari beberapa seminar pada Sabtu (22/02/14). Seminar tersebut bertujuan untuk membangkitkan motivasi dan kemauan siswa SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, khususnya di ITB.  Seminar yang dilaksanakan di Aula Barat dan Aula Timur ITB ini diikuti ribuan siswa dan mengundang Prof. Dr. Ichsan Setya Putra, Ketua Satuan Penjamin Mutu ITB, sebagai pembicara.

Seminar motivasi yang dimulai pada pukul 09.00 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Kadarsyah Suryadi. Dalam sambutannya, beliau sekaligus memberi informasi mengenai jalur masuk ITB, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Sebelumnya, ketua AMI, M. Pramaditya Garry (Teknik Material) menyampaikan sebuah alasan diangkatnya tema 'Menggapai Cita-Cita Setinggi Angkasa' dalam AMI kali ini, yakni karena terinspirasi dari perkataan Soekarno. Kata-kata tersebut adalah "Bermimpilah setinggi bintang, karena saat kau jatuh atau gagal, kau jatuh di antara bintang-bintang."


Nyoman Anjani, Ketua Kabinet KM ITB menyampaikan pesan untuk jangan takut bermimpi masuk ITB. Ia juga mengatakan bahwa selain tempat menuntut ilmu, ITB juga merupakan wadah untuk mengembangkan potensi diri. ITB tidak hanya menyokong kegiatan akademik, tetapi juga mewadahi kegiatan kemahasiswaan dalam kondisi keharmonisan seperti slogannya, 'In Harmonia Progressio'. "Kalian bisa belajar menjadi pemimpin dimana pun di kampus ini. Tentunya pemimpin yang pintar dan cinta dengan bangsanya," ungkap Nyoman kepada peserta seminar sebagai motivasi.


Pembicara awal, Ichsan, merupakan dosen dari Teknik Aeronotika dan Astronika ITB. Ia menceritakan pengalamannya saat ingin berkuliah di ITB. Ia termotivasi oleh keinginan besar orangtuanya untuk menyekolahkan anak-anaknya walaupun dalam kondisi yang kurang mencukupi. Berbekal kemauan kerasnya yang untuk mencapai cita-cita, Ichsan belajar dengan keras dan berusaha untuk mendalami pelajaran-pelajaran yang ia yakini akan membawanya menuju cita-citanya. Menurutnya, perguruan tinggi merupakan tempat untuk menempa diri dalam menghadapi kondisi ekstrim di depan mata serta memerlukan persiapan untuk sukses. Kondisi ekstrim yang dimaksud lulusan Teknik Mesin '77 ini adalah AFTA (ASEAN Free Trade Area). Hal tersebut dianggapnya menjadi sebuah tantangan bagi bangsa Indonesia sekaligus kesempatan jika kita bersiap diri menghadapinya.


Selain seminar motivasi, dalam kegiatan ITB Day juga dilaksanakan edu fair yang menyediakan informasi mengenai program studi dan beasiswa di ITB dalam bentuk stand. Selain itu, terdapat tour lab untuk memperkenalkan lingkungan ITB kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA. Dalam seminar Ichsan berpesan kepada peserta, "Jadikanlah setiap langkah dan hari kalian adalah anak tangga yang merupakan jalan untuk mencapai cita-cita kalian."


scan for download