FSRD ITB Gelar ITB Creative Camp di IKN, Tingkatkan Kualitas SDM dan Kenalkan Industri Kreatif

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


PENAJAM PASER UTARA, itb.ac.id – Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB) menggelar ITB Creative Camp di SMK Negeri 2 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (29/11/2023). Kegiatan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB melalui FSRD ITB.

Ketua pelaksana ITB Creative Camp yang merupakan Wakil Dekan Sumber Daya FSRD ITB, Dr. Intan Rizky Mutiaz, M.Ds., mengatakan bahwa kegiatan berbentuk workshop kreatif tersebut merupakan salah satu program yang ditujukan kepada siswa SMK. Acara tersebut diikuti 100 siswa SMK yang berada di sekitar Penajam Paser Utara (PPU), yang terdiri atas siswa SMKN 2 PPU, SMK Pelita Gama Penajam, SMK Muhammadiyah 2 PPU, SMKN 4 PPU, dan SMK Nusantara PPU.

Beliau mengatakan, ITB Creative Camp penting untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Hal tersebut dapat memotivasi para peserta untuk maju dan kreatif dalam menghadapi perubahan dan perkembangan daerahnya. Oleh karena itu, dalam kegiatan tersebut diperkenalkan mengenai industri kreatif animasi dan gim sebagai salah satu alternatif pekerjaan yang dapat dipilih setelah lulus dari SMK.

Konsistensi program pengabdian masyarakat di Kalimantan Timur, kata beliau, menjadi program strategis ITB untuk berperan aktif melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat seiring dibangunnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

Generasi muda Kalimantan Timur, khususnya di daerah Penajam Paser Utara, yang merupakan lokasi penopang berdirinya IKN, perlu diberikan berbagai penguatan, baik secara budaya maupun pelatihan. Motivasi pun perlu dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

Adapun narasumber ITB Creative Camp, yakni Direktur PT. Stormy Animasi Indonesia, Stormy Yudo Prakoso, M.Ds., praktisi gim desain, Rendy Rayana, M.Ds., dan ilusionis, content creator, serta motivator, Denny Darko, M.Ds. Ketiganya merupakan lulusan S2 magister desain FSRD ITB melalui program Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pengelolaan Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

Kepala sekolah SMKN 2 Penajam Paser Utara, Drs. Jukianta, M.M., menyambut baik program ITB Creative Camp yang baru pertama kali digelar di daerah PPU. Beliau berharap kegiatan tersebut konsisten dilakukan.

Workshop kreatif ini mendapatkan respons baik dari peserta dan juga guru pendamping. Mereka antusias dan aktif bertanya. Sejumlah peserta mengaku senang, termotivasi, dan terbuka wawasannya mengenai pekerjaan yang akan ditekuni ke depannya.

ITB Creative Camp menjadi program penguatan yang dilakukan ITB untuk mendukung pengetahuan di dunia kerja sekaligus terlibat langsung dalam pembanguan IKN melalui pengembangan SDM, khususnya bagi generasi muda di Kalimantan Timur.

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download