ITB Inspiring Edufair 2024: Menyebar Motivasi Pendidikan ke Siswa SMA di Pesisir Selatan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

PESISIR SELATAN, itb.ac.id – Duta Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) 2023 Bidang Inspiratif menggelar kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk "ITB Inspiring Edufair 2024" pada 29-30 Januari 2024. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan akses informasi pendidikan masyarakat, khususnya siswa SMA, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Kegiatan ini dilakukan di lima SMA, antara lain SMA Negeri 1 Painan, SMA Negeri 2 Painan, SMA Negeri 2 Bayang, SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan, dan SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat penyampaian informasi dan motivasi dalam tiga sesi, antara lain:

1) Sosialisasi Pendidikan Perguruan Tinggi

Sesi ini bertujuan membuka wawasan siswa terhadap peluang pendidikan tinggi setelah lulus SMA. Informasi mengenai persyaratan masuk perguruan tinggi, program studi, hingga beasiswa disampaikan untuk memotivasi siswa dalam merencanakan masa depan mereka;

2) Pengenalan ITB

Sesi ini berfokus pada profil ITB, meliputi fakultas, program studi, kemahasiswaan, dan kebijakan keuangan seperti Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta beasiswa yang tersedia;

3) Wall of Inspiration

   

Pada sesi ini, siswa diajak menyampaikan harapan dan cita-cita melalui sticky notes yang ditempelkan pada "Wall of Inspiration". Harapannya, hal tersebut menjadi motivasi siswa meraih cita-cita.

Sosialisasi dalam ITB Inspiring Edufair 2024 disampaikan oleh Stefany Septiawati Nababan (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2021) dan Dimas Rama Dhinata (Oseanografi, 2022) selaku Duta Kampus ITB 2023 Bidang Inspiratif. Pihak sekolah memberikan respons positif terkait kegiatan tersebut. "Kami sangat senang adik-adik mahasiswa ITB jauh-jauh dari Bandung datang ke sini. Semoga apa yang disampaikan hari ini dapat memotivasi anak-anak di sini agar bisa berkuliah di ITB," ucap Kepala SMAN 2 Bayang, Hulta Muhammadi.

   

Melalui kegiatan ini, ITB berharap lebih banyak siswa dari daerah dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi sehingga menciptakan kesempatan lebih luas bagi generasi muda mengembangkan potensi.

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download