Showcase KKN ITB 2023: Bangun Karakter Mahasiswa lewat Kontribusi Nyata

By Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar Pameran Hasil (Showcase) Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada Jumat (25/11/2023). Dalam showcase yang di gelar di Aula Barat ITB Kampus Ganesha tersebut, menampilkan 17 hasil karya kelompok KKN ITB 2023. Acara ini juga sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan KKN ITB 2023 serta sebagai wujud nyata komitmen ITB dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengembangan karakter mahasiswa.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ITB 2023 sendiri merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITB, dan Dosen Pembimbing KKN ITB.

Pada tahun ini, KKN ITB melibatkan 280 peserta dari berbagai disiplin ilmu. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli hingga 17 Agustus 2023. Pelaksanaan KKN ITB 2023 tersebar di tiga lokasi, yaitu Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, serta Desa Sukaluyu dan Desa Sukamanah di Kabupaten Bandung.

Acara showcase ini dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Ketua LPPM ITB, Dr. Ir. Yuli Setyo Indartono, ST., MT., para Dosen Pembimbing KKN ITB 2023, serta tamu undangan meliputi perwakilan Bupati Sumedang, perwakilan Komandan Pusat Pendidikan Jasmani Kodiklat TNI AD, dan perwakilan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat. Selain itu, perwakilan desa dari lokasi KKN, seperti Desa Cimarga, Desa Sukamanah, dan Desa Sukaluyu, juga turut hadir.

Dalam sambutan pembuka, Ketua LPPM ITB, Dr. Yuli Setyo Indartono, menyampaikan bahwa KKN merupakan kolaborasi antara Ditmawa ITB dan LPPM ITB, serta berbagai pihak lainnya yang terlibat. Ia menekankan bahwa KKN bukan hanya pemenuhan kebutuhan kurikulum, tetapi juga bentuk kontribusi ITB dalam pembangunan di Jawa Barat hingga tingkat nasional. “Program KKN diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang memiliki karakter adaptif, integritas, kreativitas, dan inisiatif untuk menjadi agent of change,” ucapnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Kasubdit Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa Ditmawa ITB, Dr. Epin Saepudin, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Epin menyebutkan harapannya agar peserta KKN dapat membangun karakter kecendekiawanan yang tertuang dalam A, I, R, I, T, B yakni, Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi diridai Tuhan.

Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., Rektor ITB, juga memberikan apresiasi kepada warga masyarakat yang telah membuka rumah dan hati untuk mahasiswa ITB selama masa KKN berlangsung.

“Untuk seluruh mahasiswa, selamat berkarya, berkreasi, dan berinovasi! Berkontribusilah untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater ITB. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan pada kita hikmah dan kebijaksanaan, serta kekuatan dan kesabaran, dalam mencapai apa yang telah kita citakan itu,” ujarnya.

“Jangan lupa nilai A, I, R, I, T, B. (Adaptif, Integritas, Rendah Hati, Inisiator Kebaikan, Tangguh Berjuang, dan Berprestasi diridhai Tuhan). Saling mengingatkan urusan integritas, menjunjung tinggi nilai kejujuran, tanggung jawab, serta memegang teguh komitmen,” lanjutnya.

Kegiatan Pameran Hasil (Showcase) Kuliah Kerja Nyata turut membuka kesempatan mahasiswa untuk memamerkan hasil-hasil karya dan solusi yang mereka lakukan selama KKN di masyarakat, serta diharapkan dapat menjadi wahana edukasi sekaligus membangkitkan semangat mahasiswa untuk berkontribusi nyata dalam menyelesaikan kompleksitas permasalahan di masyarakat.

Dokumentasi Iko Sutrisko Prakasa Lay

KKN ITB 2023 merefleksikan peran mahasiswa sebagai agent of change yang mampu menjadi kontributor terbaik untuk almamater, bangsa, dan negara. Melalui partisipasi aktif dalam KKN, mahasiswa ITB diharapkan dapat mengembangkan kepekaan sosial, inisiatif, kreativitas, dan berbagai keterampilan penting lainnya.

Perwakilan mahasiswa KKN 2023 Hilmy Taqiyuddin (KL’20), mengatakan bahwa, “Dari adanya showcase ini harapannya bisa memantik mahasiswa selanjutnya yang bakal menjadi peserta KKN (2024). Melihat bagaimana keseruannya KKN, susah-senangnya yang mereka akan dapatkan seperti apa, kebahagiaan yang akan dirasakan dan bagaimana akhirnya peserta itu bisa membangun hubungan yang erat bersama masyarakat desa,” ungkapnya.

“Kedua, juga menunjukkan lebih luasnya lagi kepada khalayak umum, kalau mahasiswa ITB ini juga turun ke masyarakat juga,” pungkasnya.

Puncak acara ditutup dengan harapan bahwa kegiatan KKN ITB 2023 dapat memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi mahasiswa sebagai peserta, tetapi juga bagi masyarakat di sekitar lokasi pelaksanaan KKN. Harapannya Pameran Hasil KKN ini menjadi motivasi bagi mahasiswa ITB untuk terus berkontribusi dalam membawa perubahan positif di masyarakat.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download