Asrama ITB Kampus Jatinangor Gelar Program Pengembangan Karakter dan Motivasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Asrama Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jatinangor menggelar Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB 2023 di Ruang Auditorium GKU-II, ITB Kampus Jatinangor, Minggu (10/09/2023). Acara ini menjadi bagian penting pembinaan tahunan mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB), terutama penerima KIP-K dan Afirmasi.

Salah satu agenda PPKM ITB 2023 adalah talkshow yang menghadirkan narasumber Eunico Victor Setiyohadi, S.T. Beliau membahas “ITB sebagai Pencetak Generasi Berbudi Pekerti Luhur yang Amanah dalam Mengemban Tanggung Jawab”.

Berbudi pekerti luhur, bagi beliau, berkaitan dengan etika juga memahami nilai-nilai seperti akal, watak, dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, beliau menyoroti pentingnya melaksanakan tanggung jawab dengan baik. Ketika melalaikannya, sama saja dengan menghambat potensi yang semestinya dapat dimaksimalkan mahasiswa.

Setiap mahasiswa dapat menjadi inspirasi. Adapun konsep mahasiswa inspiratif, menurutnya, bukan hanya berfokus pada pengembangan diri sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi positif pada lingkungan sekitar.

Di akhir talkshow, beliau kembali mengingatkan bahwa mahasiswa ITB, khususnya mahasiswa baru TPB 2023, telah menjadi inspirasi tersendiri dengan menjadi bagian dari Institut Terbaik Bangsa. Beliau berpesan agar mahasiswa ITB terus berusaha memberikan inspirasi kepada lingkungan sekitar. Dengan demikian, karakter dan semangat mahasiswa TPB ITB 2023 semakin kuat menjalani kegiatan akademik di Kampus Jatinangor.

“Di talkshow tentang budi pekerti ini, awalnya aku berpikir bahwa bicara tentang berbudi pekerti luhur maka akan sama saja seperti pembelajaran-pembelajaran lainnya yang telah kita pelajari. Tapi, aku belajar hal baru bahwa dengan kita memiliki budi pekerti luhur ini kita tidak hanya berkaitan dengan diri kita sendiri. Tetapi, dengan berbudi pekerti luhur harusnya bisa memberikan dampak juga untuk orang lain,” ungkap Ni'ma Auliya Mulyana (FMIPA, 23) saat ditemui pada Minggu (10/09/2023).

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Dokumentasi: Arsip Asrama ITB

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download